Hibah Bantuan Teknis AS Rp31,3 miliar untuk Kembangkan infrastruktur IKN jadi Smart City

- 7 Maret 2024, 15:30 WIB
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 12 Februari 2024. USTDA menggelontorkan dana hibah sebesar USD2 juta dolar atau sekitar Rp31,3 miliar untuk bantuan teknis mendukung pengembangan IKN.
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 12 Februari 2024. USTDA menggelontorkan dana hibah sebesar USD2 juta dolar atau sekitar Rp31,3 miliar untuk bantuan teknis mendukung pengembangan IKN. /ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/

 

INDOBALINEWS - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapat bantuan teknis untuk pengembangan infrastruktur menjadi kota pintar atau smart city dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat (USTDA).

Selain itu, pada April 2024, USTDA juga akan memboyong sejumlah delegasi dari Indonesia ke sejumlah kota di Amerika Serikat seperti New York, Texas, dan California untuk bertemu dengan para ahli infrastruktur, ahli kebijakan, dan ahli peraturan dengan tujuan memperkuat dan mengatasi tantangan infrastruktur yang dihadapi negara berkembang.

USTDA memberikan pendanaan hibah sebanyak 2 juta dolar AS atau sekitar Rp31,3 miliar untuk bantuan teknis guna mendukung pengembangan infrastruktur kota pintar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Link Live Streaming Nonton Gratis BRI Liga 1, Dewa United vs Persikabo 1973, Hanya di Vidio, Kamis 7 Maret 24

“Kami akan memberikan dana hibah kepada Otorita Ibu Kota Nusantara untuk bantuan teknis yang akan mengembangkan desain rinci, spesifikasi teknis, dokumentasi pengadaan, dan strategi peningkatan kapasitas guna mendukung pengembangan infrastruktur prioritas kota pintar Nusantara,” kata Direktur USTDA Enoh T. Ebong saat konferensi pers di Jakarta, Kamis 7 Maret 2024 dilansir dari Antara.

Direktur Ebong menuturkan bahwa sejak berdiri pada 1992, USTDA telah mendanai lebih dari 100 proyek infrastruktur di negara berkembang dengan membawa misi membantu mengembangkan infrastruktur hijau dan berkelanjutan, termasuk membawa inovasi teknologi yang dimiliki Amerika Serikat.

USTDA membantu dari segi persiapan proyek dengan memberikan analisis komprehensif yang diperlukan untuk proyek infrastruktur prioritas dalam mencapai pembiayaan dan implementasi, termasuk membangun kemitraan dengan para pelaku industri AS yang akan berbagi pengetahuan, membangun hubungan, dan menemukan solusi AS untuk tantangan infrastruktur yang dihadapi.

Baca Juga: Mau Mudik? Bisa Vaksin Booster untuk Lindungi Kelompok Rentan, Kapan Waktu yang Tepat? Simak Penjelasannya

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x