Presiden Jokowi Buka Lebar Kesempatan China Bangun Moda Transportasi di IKN

- 18 April 2024, 13:25 WIB
Ilustrasi IKN. Presiden Jokowi membuka kesempatan kepada China membangun moda transportasi di IKN.
Ilustrasi IKN. Presiden Jokowi membuka kesempatan kepada China membangun moda transportasi di IKN. /KEMENPAREKRAF

INDOBALINEWS - Pemerintah Indonesia membuka lebar kesempatan China untuk membangun moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingin Presiden Jokowi menerima junjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta Kamis 18 April 2024.

“Bapak Presiden (Jokowi) mendorong kerja sama pembangunan di IKN termasuk untuk moda transportasi,” kata Menlu RI Retno Marsudi dilansir dari Antara.

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang Sulawesi Utara, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Selain itu, Jokowi juga mendiskusikan kelanjutan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi dari China kepada Indonesia.

“Perlu percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan trase (kereta cepat) hingga ke Surabaya,” tutur Retno.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memprogramkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga Surabaya dengan melewati Yogyakarta.

Melalui kerja sama dengan China, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Baca Juga: Jadwal Semifinal 4 Tim Tersisa di Liga Champions 2023-2024

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x