Menlu Retno Marsudi: China Mitra Dagang Terbesar bagi Indonesia

- 18 April 2024, 17:30 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China, Wang Yi pada Kamis, 17 April 2024
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China, Wang Yi pada Kamis, 17 April 2024 /@Kemlu_RI/Twitter

INDOBALINEWS - Volume perdagangan antara China - Indonesia mencapai lebih dari 127 miliar dolar AS (sekitar Rp2.055 triliun) dan China merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia.

Menurut Menlu Retno Marsudi, China juga merupakan salah satu investor asing terbesar di Indonesia dengan nilai investasi lebih dari 7,4 miliar dolar AS (sekira Rp119,7 triliun) tahun lalu.

Hal itu dikatakan Retno usai mendamping Presiden Jokowi menerima Menlu China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta Kamis 18 April 2024.

Baca Juga: Geger, Sesosok Mayat Berjaket Hitam Ditemukan di Atas Rumput Areal Pekuburan

Menurut Retno, pembahasan kerja sama ekonomi secara lebih detail akan dibahas dalam pertemuan High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) Indonesia-China di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat 19 april 2024.

"Indonesia akan dipimpin bersama oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menlu Retno Marsudi, sementara pihak China akan diwakili oleh Menlu Wang Yi," ujar Menlu Retno dilansir dari Antara.

 

Dalam kesempatan itu sebelumnya Retno mengatakan Presiden Jokowi mendorong China untuk membangun moda transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang Sulawesi Utara, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x