Lagi Tren, Wisatawan Lebih Pilih Eksplorasi Daerah Baru

- 18 April 2024, 12:25 WIB
Ilustrasi wisatawan di Bali.
Ilustrasi wisatawan di Bali. /Dok. pixabay.com/

INDOBALINEWS - Saat ini tengah jadi tren di kalangan wisatawan untuk lebih memilih mengeksplorasi daerah baru ketimbang menghabiskan masa liburan di destinasi wisata yang telah dikenal sebelumnya.

Hal itu dikatakan oleh Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Bali I Putu Winastra bahwa ada tren baru dimana wisatawan lebih suka mengeksplorasi daerah baru atau yang masih jarang diketahui.

Menurutnya di Denpasar, Rabu, alasan ini menjadi salah satu penyebab saat libur panjang Lebaran 2024 tak banyak wisatawan terutama domestik menggunakan biro perjalanan wisata seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang Sulawesi Utara, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

“Kita ketahui saat Lebaran di jalan tidak begitu ramai karena wisatawan tersebar di Buleleng, Bedugul, ada yang di daya tarik wisata baru di Singaraja, jadi merata, segmen pasar domestik berubah tidak melulu Uluwatu dan Tanah Lot,” kata dia.

Meski ini menjadi kabar buruk bagi asosiasi biro perjalanan wisata resmi itu, dimana hanya 10 persen dari kondisi libur Lebaran 2023 yang dipesan wisatawan domestik, Winastra memaknai ini sebagai pengingat para agen.

“Makanya saya sampaikan bagaimana kita membuat paket berkelanjutan, pengalaman itu yang wisatawan cari, ketika orang tinggal di kota mereka ingin tinggal di rumah penduduk dengan kegiatan-kegiatan tradisionalnya,” ujarnya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Nantikan, Album Baru Yook Sungjae BTOB Bulan Depan

Selain itu, konsep berkelanjutan juga menjadi tren yang Asita Bali perhatikan belakangan, pada pasar internasional bahkan tak sedikit wisatawan yang menilai biro perjalanan berdasarkan paket wisata dan cara bertingkah laku pemandu yang ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x