Apple Jajaki Peluang Investasi di Indonesia, Begini Efeknya Kata Pengamat Ekonomi

- 18 April 2024, 22:11 WIB
Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/04/2024).
Presiden Jokowi menerima CEO Apple Tim Cook beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/04/2024). /BPMI Setpres/Kris/

INDOBALINEWS - Indonesia harus mengambil pelajaran dari penjajakan peluang investasi dari yang terdahulu agar peristiwa investor direbut kompetitor jangan sampai terulang lagi.

Misalnya, dengan menyederhanakan proses bisnis dan investasi dalam pembangunan infrastruktur teknologi menjadi lebih konkret, atau memberikan insentif kepada perusahaan yang menggunakan pemasok lokal.

Hal ini dikatakan oleh Ekonom dari Universitas Indonesia Dr. Fithra Faisal Hastiadi, S.E., MSE., M.A. terkait rencana CEO Apple Inc. Tim Cook untuk menjajaki peluang investasi di Indonesia.

Menurut Fitra penjajakan ini dapat memberikan efek limpahan (spillover effect) kepada konsumen teknologi perangkat pintar di Indonesia.

Baca Juga: Dampak Erupsi Gunung Riung, Peralatan Seismik untuk Rekam Aktivitas Vulkanik Rusak

Fithra mencontohkan bagaimana efek limpahan dari pembuatan salah satu lini produk Apple, yakni iPhone, di China, membuat produsen perangkat pintar di negara tirai bambu itu berlomba-lomba memproduksi produk-produk yang lebih baik.

"China yang dulu jadi salah satu andalan untuk produksi Apple, bahkan bisa memproduksi perangkat pintarnya sendiri ya. Zamannya Xiaomi, terus ada Huawei, bagaimana sekarang sudah menjadi raja tersendiri, begitu kan, di regional. Salah satunya kan karena spillover effect dari produksi Apple juga," kata Fithra saat dihubungi di Jakarta, Kamis 18 April 2024 dilansir dari Antara.

Maka kemudian, menurut Fithra, transfer pengetahuan itu sudah harus bisa dipastikan menjadi bagian dari rencana investasi Apple Inc. di Indonesia oleh pemerintah.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi: China Mitra Dagang Terbesar bagi Indonesia

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x