Banyak Bencana Karena La Nina, Ini Yang Harus Disiagakan....

- 11 Oktober 2020, 16:03 WIB
Gambar fenomena La Nina di Indonesia dalam diskusi virtual menyikapi fenomena La Nina yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nasional Minggu 11 Oktober 2020
Gambar fenomena La Nina di Indonesia dalam diskusi virtual menyikapi fenomena La Nina yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nasional Minggu 11 Oktober 2020 /shira ade/Dok BNPB Nasional


INDOBALINEWS - Fenomena La Nina yang dihadapi Indonesia saat ini dapat berdampak pada potensi bahaya hidrometeorologi yang lebih buruk. Seperti di Bali sudah menghadapi cuaca ekstrem yang mengakibatkan sejumlah bencana alam seperti angin kencang, hujan deras hingga longsor di berbagai wilayah seluruh Bali.

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi, 4 Wilayah di Denpasar Alami Gangguan PAM

Meski dampak intensitas curah hujan di atas normal yang dipengaruhi fenomena La Nina tidak sama di setiap wilayah tetapi kesiapsiagaan semua pihak harus terus diitngkatkan.

Untuk itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan kesiapsiagaan tidak hanya pada tingkat provinsi tetapi hingga tingkat kecamatan, kelurahan atau desa dan bahkan keluarga.

Baca Juga: Fenomena La Nina, Waspadai Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan saat melakukan diskusi menyikapi fenomena La Lina melalui media virtual pada Minggu 11 Oktober 2020 dalam rilis yang diterima oleh indobalinews.com dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali, Drs. IMade Rentin, AP, MSi.

Dikatakan oleh Lilik, kesiapsiagaan harus dilakukan di setiap tingkat, dari pusat, provinsi, kecamatan,desa hingga keluarga.

Baca Juga: Kapolres dan Bupati Klungkung Sidak Lokasi Longsor

"Setiap keluarga harus mengidentifikasi risiko bencana yang ada di sekitar. Kesiapsiagaan sejak dini dibutuhkan untuk memastikan tidak adanya korban jiwa apabila terjadi peristiwa ekstrem. Diskusikan dengan anggota keluarga maupun komunitas di masyarakat terkait dengan potensi ancaman bahaya yang ada di sekitar sehingga risiko bencana dapat dihindari," ujar Lilik.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x