Rizky Juniansyah Raih Emas di Ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Tiket Olimpiade Paris di Tangan

- 5 April 2024, 07:07 WIB
Tangkapan layar - Lifter putra Indonesia Rizky Juniansyah mengangkat beban saat berlaga di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja Virtual yang digelar dari Lima, Peru, Minggu 15 November 2020.
Tangkapan layar - Lifter putra Indonesia Rizky Juniansyah mengangkat beban saat berlaga di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja Virtual yang digelar dari Lima, Peru, Minggu 15 November 2020. //(ANTARA//Shofi Ayudiana

INDOBALINEWS - Tiket olimpiade Paris sudah di tangan  Rizky Juniansyah, lifter andalan Indonesia usai menyabet medali emas di ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Dalam peraturan Olimpiade, hanya satu atlet senegara yang dapat dikirimkan ke dalam satu nomor lomba angkat besi. Secara sistematis, Rizky mengamankan tiket otomatis ke Paris mewakili Indonesia karena mengalahkan rekan senegaranya, Rahmat Erwin Abdullah yang finish di urutan ketiga dengan total angkatan 355 kg.

Dilansir dari laman resmi IWF, Kamis 4 April 2024, Rizky Juniansyah yang turun di nomor 73 kg meraih total angkatan 365 kg mengalahkan lifter andalan China, Shi Zhiyong yang memperoleh perak dengan total angkatan 356 kg.

 Baca Juga: Tumbuhkan Rasa Bangga Memiliki Budaya Adi Luhung, Samsara Living Museum Kolaborasi dengan The Apurva

"Memang kalau dilihat secara atletnya kita sudah ada empat yang lolos kualifikasi kebetulan di dua nomor yang sama. Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet," ujar Ketua Umum PABSI Rosan Roeslani dilansir dari Antara.

Tapi ia juga berharap masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade.  "Harapannya kita bisa berprestasi secara maksimal di kualifikasi ini," tambahnya.

Baca Juga: Rumor Transfer Pemain Liga 1: Bintang PSIS Semarang Taisei Marukawa di Incar Dewa United

Dalam ajang kualifikasi terakhir Olimpiade tersebut, lifter berusia 20 tahun tersebut tampil gemilang dengan mencatatkan angkatan snatch 164 Kg, angkatan clean & jerk sebesar 201 kg. Dari segi angkatan, Rizky hanya kalah dari angkatan snatch Shi Zhiyong yang mampu mencatatkan angkatan snatch 165 kg.

Selain Rizky Juniansyah, tim Merah Putih juga berpeluang untuk menambah tiket menuju Olimpiade melalui kontingen angkat besi nomor 67 Kg lewat lifter Mohammad Yasin.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x