Tumbuhkan Rasa Bangga Memiliki Budaya Adi Luhung, Samsara Living Museum Kolaborasi dengan The Apurva

- 4 April 2024, 22:13 WIB
Ida Bagus Agung Gunarthawa dari Samsara Living Museum menjelaskan makna nilai dari tulisan lontar dalam Sutasoma Lontar Exhibition di The Apurva Bali Rabu 3 April 2024.
Ida Bagus Agung Gunarthawa dari Samsara Living Museum menjelaskan makna nilai dari tulisan lontar dalam Sutasoma Lontar Exhibition di The Apurva Bali Rabu 3 April 2024. /Dok Guslit

 

INDOBALINEWS - Indonesia begitu kaya akan budaya adi luhung yang bermakna mulia peninggalan nenek moyang yang harus terus dilestarikan untuk generasi saat ini dan mendatang.

Salah satunya adalah nilai nilai yang terkandung dalam Kitab Sutasoma yang awalnya mengajarkan toleransi beragama yang jadi inspirasi  Bhinneka Tunggal Ika dengan literatus asal berbunyi Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

Saat itu toleransi beragama, khususnya antara Hindu dan Buddha seperti dituliskan dalam bait lengkapnya “Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa, Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal, Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa.”

Baca Juga: Rumor Transfer Pemain Liga 1: Bintang PSIS Semarang Taisei Marukawa di Incar Dewa United

Jumpa pers Sutasoma Lontar Exhibition di The Apurva Bali Rabu 3 April 2024.
Jumpa pers Sutasoma Lontar Exhibition di The Apurva Bali Rabu 3 April 2024. Dok Guslit

Terjemahannya: “konon antara ajaran Buddha dan Hindu berbeda, namun kapan Tuhan dapat dibagi-bagi, sebab kebenaran Jina dan Siwa adalah tunggal, berbeda itu tapi satu jualah itu, tak ada dharma (jalan kebaktian/kebaikan) yang mendua tujuan.”

Kitab Sutasoma menunjukkan bahwa dalam sejarah Majapahit abad ke-14 semangat toleransi kehidupan beragama sangat tinggi.

Digambarkan bahwa dua agama besar Hindu dan Budha hidup secara bersama dengan rukun dan damai. Kedua agama besar itu beriringan di bawah payung kerajaan, pada jaman pemerintahan raja Hayam Wuruk.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Anak Kandung oleh Petugas Damkar, KPPPA Apresiasi Polda Metro Jaya

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x