Lelang Celana Boxer Petinju Legendaris Muhammad Ali Dihargai hingga Rp95 M Lebih, Siapa yang Beruntung?

- 5 April 2024, 11:01 WIB
Celana pendek yang dikenakan Muhammad Ali dalam pertandingan tinju legendaris "Thrilla in Manila".
Celana pendek yang dikenakan Muhammad Ali dalam pertandingan tinju legendaris "Thrilla in Manila". /Via ANTARA/AFP/Timothy A. Clary/

INDOBALINEWS - Masih ingat petinju legend Muhammad Ali yang dijuluki petinju The Greatest of All Time? Petinju bernama lengkap Cassius Marcellus Clay, Jr ini pernah datang ke Jakarta pada 20 Oktober 1973, bertanding melawan Rudie Lubbers..

Kutipannya yang sangat terkenal hingga hari ini adalah rasa optimis bisa menjadi yang terbaik: I am the greatest, I said that even before I knew I was. - Muhammad Ali (Saya petinju terhebat, saya bahkan sudah bilang sebelum saya jadi terhebat - red)

Hal itu dibuktikan oleh petinju kelahiran 17 Januari 1942 itu dengan berhasil meraih medali emas Olimpiade Roma (1960) dan menjadi petinju pertama yang memenangkan kejuaraan dunia kelas berat pada tiga kesempatan terpisah (1964, 1974, dan 1978).

Ali juga berhasil mempertahankan gelar ini sebanyak 19 kali dan memiliki rekor bertinju 56-5 selama berkarier.

Baca Juga: Rizky Juniansyah Raih Emas di Ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Tiket Olimpiade Paris di Tangan

Dari puluhan pertandingan legendarisnya, ada satu pertandingan yang sangat membekas di sejarah tinjudunia yaitu saat ia melawan Joe Frazier pada 1975. dalam duel bertajuk "Thrilla in Manila" di Filipina. Setahun sebelumnya, celana pendek itu digunakan pada duel "Rumble in the Jungle" di Republik Demokratik Kongo.

Pertarungan Ali di Filipina berlangsung hingga 14 ronde sebelum Frazier menyerah. "Rasanya seperti mau mati. Itu hal terdekat dengan kematian yang pernah saya rasakan," kata Ali tentang pertarungan yang diadakan di tengah suhu panas yang menyengat itu dilansir Antara dari AFP Jumat 5 April 2024.

Celana pendek ini dijual rumah lelang Sotheby's di New York dengan taksiran harga 4-6 juta dolar AS (sekitar Rp63,6 miliar - Rp95,4 miliar).

Baca Juga: Rumor Transfer Pemain Liga 1: Bintang PSIS Semarang Taisei Marukawa di Incar Dewa United

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x