Piala Asia U 23: Indonesia VS Australia 1-0

- 19 April 2024, 06:35 WIB
Pertandingan Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23 AFC 2024, Kamis, 18 April 2024
Pertandingan Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23 AFC 2024, Kamis, 18 April 2024 /Instagram @timnas.indonesia

INDOBALINEWS - Gol semata wayang Komang Teguh Trisnanda jadi penyelamat kubu Garuda Muda saat melawan Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Khalifa Doha Kamis 18 April 2024.

Dilansir Antara dari lama AFC, atas kemenangan ini posisi Timnas Indonesia naik di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan mengumpulkan tiga poin, sementara Australia turun ke posisi keempat.

Gol yang membawa Indonesia ke posisi kedua ini dicetak oleh Komang Teguh Trisnanda yang meneruskan sepakan Nathan Tjoe-A-on, dari situasi tendangan sudut, pada menit ke-45.

 Baca Juga: Pengamat: 2 Alasan Apple Mau Jajaki Investasi di Indonesia

Sejak babab awal, Timna Indonesia sudah mengambil inisiatif menyerang dan berbuah di menit kedua peluang bagus didapat dari umpan panjang yang diterima Witan Sulaeman, untuk diteruskan dengan umpan silang mendatar dan disambut tembakan Jeam Kelly Sroyer yang dapat ditepis kiper Patrick Beach.

Peluang bagus berikutnya untuk Indonesia didapat oleh Rafael Struick, dengan tembakan yang melebar ke sisi kanan gawang Australia.

Memasuki menit ke-21 Indonesia mendapat hukuman penalti. Wasit Majed Mohammed Al Shamrani awalnya tidak menyadari bahwa lengan Komang mengenai bola tembakan Mohamed Toure di kotak terlarang, namun tinjauan VAR membuat ia mengambil keputusan untuk memberikan hadiah penalti kepada Australia.

Baca Juga: Dampak Erupsi Gunung Riung, Peralatan Seismik untuk Rekam Aktivitas Vulkanik Rusak

Kiper Ernando Ari kemudian menjadi pahlawan Indonesia. Eksekusi Toure ke sisi kiri gawang dapat diantisipasi dengan sempurna oleh Ernando, untuk membuat Australia gagal memecah kebuntuan.

Setelah keberhasilan Ernando menepis penalti Toure, kepercayaan diri para pemain Indonesia semakin meningkat. Sejumlah peluang kembali mereka lahirkan melalui sambaran Marselino Ferdinan dan sepakan spekulasi Komang.

Menjelang turun minum, Indonesia mendapat tendangan sudut. Bola tendangan sudut dapat diteruskan sundulan Muhammad Ferarri untuk diterima Nathan, yang melepaskan sepakan dan diteruskan sundulan Komang untuk masuk ke gawang Patrick Beach. 1-0 untuk Indonesia, dan bertahan sampai babak pertama usai.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi: China Mitra Dagang Terbesar bagi Indonesia

Australia menggempur habis-habisan pada babak kedua. Peluang pertama didapat dari tembakan Toure yang dapat ditepis kiper Ernando, sebelum bola kemudian disapu Rizky Ridho. Setelah itu, Ernando kembali harus bekerja keras untuk mencegah gawangnya kemasukan.

Untuk menebalkan pertahanan tim asuhannya, pelatih Shin Tae-yong memasukkan Justin Hubner yang belum lama bergabung ke timnas U-23 untuk menggantikan Jeam Kelly pada menit ke-72. Tidak lama kemudian giliran Fajar Fathurrahman yang ditarik keluar untuk digantikan Ilham Rio Fahmi.

Ernando beberapa kali memperlihatkan kemampuan membaca bola dan penempatan posisinya untuk mempertahankan gawang Indonesia dari kemasukan. Ia sukses menahan tembakan pemain pengganti Lachlan Brook menjelang berakhirnya waktu normal.

Wasit kemudian memberikan tambahan waktu selama 11 menit, tetapi Australia tetap gagal menembus rapatnya pertahanan Indonesia. Justru Indonesia yang memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan menjelang laga usai, tetapi tembakan Marselino dapat diadang bek Australia pada fase akhir pertandingan.

Baca Juga: Aksi Demo Massa di Monas Terkait Sengketa Pemilu, Polri Turunkan 3.000 Lebih Personel

Daftar susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Fajar Fathurahman, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Komang Teguh Trisnanda, Nathan Tjoe-A-on, Marselino Ferdinan, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Australia: Patrick Beach, Alexander Popovic, Jordan Courtney-Perkins, Jacob Italiano, Lucas Mauragis, Ryan Teague, Jake Hollman, Adrian Segecic, Keehan Jelacic, Nishan Velupillay, Mohamed Toure

Editor: Shira Ade

Sumber: AFC Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x