Sandiaga Uno: Isu Isu Viral soal Pariwisata Wajib Direspon Gercep, Termasuk Turis Nakal

- 17 Agustus 2023, 16:43 WIB
Ilustrasi seseorang terkejut membaca isu isu viral di Medsos.
Ilustrasi seseorang terkejut membaca isu isu viral di Medsos. /Pixabay/Mohamed Hassan

 

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) agar bisa cepat menanggapi isu-isu viral di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga dalam acara Forum Bakohumas, dengan tema ‘Manajemen Komunikasi Krisis di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif’, di Jakarta, Selasa (15/8/2023), menitipkan pesan agar Bakohumas dapat cepat menanggapi situasi yang berkembang di sektor parekraf.

“Hal yang pertama berkaitan isu yang banyak dibahas di kalangan masyarakat, biasa kita sebut dengan isu-isu viral, baik dari segi manajemen krisis, kebencanaan, maupun perilaku wisatawan yang tidak sepantasnya, ini perlu ditangani segera, dan negara harus hadir dengan strategi komunikasi yang gerak cepat, gerak bersama, dan gaspol.” kata Menparekraf dalam pernyataan resminya yang dilansir Kamis 17 Agustus 2023.

Baca Juga: HUT RI ke 78: Kibarkan Merah Putih Bawah Laut, Kemendikbudristek Lestarikan Pemajuan Kebudayaan

Menparekraf Sandiaga menyampaikan kehadiran Bakohumas sebagai duta komunikasi adalah bukti konkret dari komitmen mendalam untuk memastikan kelancaran komunikasi dalam segala kondisi, terutama di bawah tantangan yang memerlukan kearifan tinggi.

“Karena kalau tidak ada bantahan dari pemerintah, atau pemerintah tidak hadir dengan cepat maka secara luar biasa cepatnya berita kita itu bisa tersebar ke seluruh dunia, dan akhirnya bisa menjadi persepsi dan mengganggu reputasi pariwisata Indonesia yang menjadi andalan bagi upaya penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: Pebalap Asal Jepang Meninggal Dunia, Usai Crash di Sirkuit Mandalika

Sementara itu Sekretaris Kemenparekraf/ Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan Bakohumas menjadi fondasi penting dalam menjaga komunikasi yang efektif antar instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga lainnya, dalam membentuk narasi positif kepariwisataan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x