Serba Serbi Ramadhan: Ekosistem Pariwisata Halal Diharap Mampu Dongkrak Kunjungan Wisata Sumbar

- 25 Maret 2024, 08:17 WIB
Venue Semarak Ramadhan di Sumbar.
Venue Semarak Ramadhan di Sumbar. /Dok Humas Kemeparekraf

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno secara resmi membuka "Sumarak Ramadhan 2024/1445 H" sebagai upaya memperkuat ekosistem pariwisata halal sekaligus menjadi kontributor terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat.

"Event seperti Sumarak Ramadhan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat ekosistem pariwisata halal kita," kata Menparekraf Sandiaga saat membuka Sumarak Ramadhan 2024 yang berlangsung di halaman Masjid Raya Sumatra Barat, Sabtu 23 Maret 2024

Indonesia dikatakan Menparekraf Sandiaga, berhasil menduduki peringkat satu sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index 2023. Dan salah satu yang menjadi daya tariknya adalah Masjid Raya Sumatra Barat, yang merupakan satu dari tujuh masjid dengan arsitektur terbaik di dunia.

Baca Juga: Liga 1: Siap Tampil Lawan Bali United? Gustavo Almeida Kembali Berlatih bersama Persija Jakarta

"Karena itu kita akan bekerja sama menghadirkan beragam event-event menarik di kawasan Masjid Raya Sumatra Barat ini," kata Sandiaga.

Dalam waktu dekat, akan ada event yang diusung, yakni silaturahim bersama keluarga besar Syaikh Al-Minangkabawi di Masjid Raya Sumatra Barat. Menparekraf Sandiaga berencana memasukkan event tersebut sebagai event road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025.

"Padang dan Sumatra Barat secara umum menjadi salah satu referensi dan acuan. Kita harapkan dengan adanya persiapan road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025 bisa menjadi momentum untuk kita menarik lebih dari 15 juta wisatawan ke Sumatra Barat dan menopang 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2024," ujar Sandiaga dalam pernyataan resminya yang dikutip Senin 25 Maret 2024.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pemain Timnas Indonesia yang Demam Dinyatakan Sembuh dan Sudah Mulai Latihan

Menparekraf Sandiaga menggarisbawahi, daya tarik utama Sumatra Barat selain wisata religi adalah wisata kuliner. Karenanya, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi Pemerintah Daerah atas terselenggaranya Sumarak Ramadhan yang berlangsung pada 22 hingga 31 Maret 2024. Sumarak Ramadhan menghadirkan aneka kuliner khas Minang hingga kuliner kekinian.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah