7 Dari 10 Orang Indonesia Tak Mengetahui Dirinya Terkena Diabetes, Cek Penyebabnya

- 14 November 2023, 08:48 WIB
Ilustrasi penderita diabetes di hari diabetes sedunia pada 14 November/freepik/rawpixcel.com
Ilustrasi penderita diabetes di hari diabetes sedunia pada 14 November/freepik/rawpixcel.com /

INDOBALINEWS -   Diabetes (penyakit gula atau gula darah tinggi) adalah suatu penyakit kronis jangka panjang yang bisa mengintai setiap orang dan perlu diwaspadai. Tanda utama dari penyakit ini adalah meningkatnya kadar gula darah (glukosa) melebihi nilai normal.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi serius, menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh. Contohnya organ seperti jantung, ginjal, mata, dan saraf. Ada dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Baca Juga: Artificial Intelligence: Bermanfaat atau Berbahaya? Simak Yuk!

Apalagi, banyak penderita diabetes yang tidak mengetahui dirinya sudah terkena penyakit ini sehingga bisa disebut terlambat untuk ditangani.

Seperti yang dikatakan oleh Dokter Spesialis dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dr M Ikhsan Mokoagow, M.Med.Sci, Sp. P. D., Subsp. EMD, FINASIM bahwa banyak pasien diabetes terlambat mendapatkan diagnosis terhadap penyakitnya.

"Karena mereka tidak menyadari bahwa mereka sudah menjadi diabetes dan baru mengetahui hal tersebut saat mereka melakukan pemeriksaan kesehatan ketika dirawat di rumah sakit akibat penyakit lain," ujar M Ikhsan dalam sebuah acara di Jakarta Senin 13 November 2023 dilansir dari Antara.

Lebih lanjut dikatakannya bahkan dalam sebuah penelitian diketahui lebih banyak penderita diabetes yang tidak mengetahui keberadaan penyakitnya itu dalam tubuh ketimbang yang sudah waspada.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Evan Dimas Resmi Tinggalkan Arema FC, Dirumorkan Gabung PSIS Semarang

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x