Ini 7 Makanan yang Mampu Menurunkan Diabetes

- 21 Februari 2021, 13:16 WIB
Buah alpukat.
Buah alpukat. /Indobalinews/Antara

INDOBALINEWS - Penyakit diabetes atau biasa dikenal dengan kencing manis, ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Penyakit diabetes disebabkan berkurangnya kadar insulin dalam darah. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Diabetes disebabkan oleh pankreas yang tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik insulin yang diproduksi.

Baca Juga: Intip Resep Membuat Ayam Betutu ala Chef Juna

Berikut ini tujuh makanan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes, seperti dikutip Indobalinews dari akun Instagram @sehatyukss.id pada 20 Februari 2021:

1. Brokoli.
Penelitian menunjukan bahwa ekstrak brokoli yang kaya sulforaphane memiliki efek antidiabedik yang kuat. Membantu meningkatkan sensitifitas insulin, mengurangi kadar gula darah, dan penanda strees oksidatif.

Baca Juga: Ini Manfaat Charcoal untuk Kecantikan, Memutihkan Gigi Hingga Mengangkat Komedo

2. Labu.
Labu adalah pilihan tepat untuk mengatur gula darah. Labu mengandung serat dan antioksidan, juga kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida.

Polisakarida telah dipelajari untuk potensi pengatur gula darah. Perawatan dengan ekstrak atau bubuk labu telah terbukti menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Baca Juga: Terkuak, Ini Pacar Pertama Agnez Mo! 4 Tahun Jalin Kisah, Jumpa Pertama di Trotoar

3. Kacang almond.
Almond adalah makanan ringan yang baik untuk pasien diabetes dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Almond juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular bagi penderita diabetes tipe-2.

Penelitian menunjukkan bahwa almond jika dikonsumsi dalam jumlah yang baik dan jangka panjang dapat membantu mengontrol kadar glukosa.

Baca Juga: Waspadai 6 Perilaku Buruk pada Anak, Orangtua Wajib Tahu Ini

4. Chia seed.
Studi menunjukkan kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed bertindak sebagai anti-inflamasi yang membantu mengurangi tekanan darah.

5. Buah berry.
Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan buah berry dengan peningkatan kontrol gula darah. Buah berry kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta memiliki kandungan gula yang rendah.

Sehingga buah berry direkomendasikan bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x