10 Jurus Pencegahan bagi Penderita Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19

- 1 Agustus 2021, 06:03 WIB
Penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi diri mereka dari Covid-19, di antaranya latihan pernapasan.
Penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi diri mereka dari Covid-19, di antaranya latihan pernapasan. /PEXELS/Karolina Grabowska/

INDOBALINEWS - Pandemi Covid-19 telah mengguncang dunia dan mengubah kebiasaan hidup terutama merawat diri, kesehatan, dan gaya hidup.

Sementara setiap orang sama-sama rentan terpapar infeksi Covid-19, terlebih bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan yang dikhawatirkan membuat komplikasi lebih parah, seperti penderita diabetes, misalnya.

“Penderita diabetes secara khusus melihat prognosis yang lebih buruk daripada mereka yang tidak. Oleh karena itu, penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi diri mereka dari Covid-19,” kata Vivek Subramanyam, CEO dan pendiri, LiveAltLife, dikutip dari Indian Express, Minggu 1 Agustus 2021.

Baca Juga: Usai Isolasi Mandiri 14 Hari, Perlukah Pasien Covid-19 Tes Darah dan Foto Thorax?

Berikut 10 tindakan pencegahan yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes di tengah kepungan pandemi Covid-19, yang entah kapan berakhir ini:

Latihan Pernapasan: Ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan menjaga kadar oksigen tetap tinggi dan stabil.

Berkumur: Berkumur sangat membantu membunuh kuman dan menarik minyak saat perut kosong dapat membantu membersihkan rongga mulut. Perawatan harus diambil untuk tidak berkumur banyak – 3-4 kali seminggu sudah cukup.

Obat Teratur: Penderita diabetes, yang sedang menjalani pengobatan, harus memberikan secara teratur untuk menghindari kadar gula darah naik melebihi tingkat yang dapat diterima. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan memburuknya prognosis covid jika terpengaruh.

Baca Juga: Masker KN95 Bisa Digunakan Berulang, Begini Caranya Menurut Kepala Klinik Penyakit Menular

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x