Jinten Hitam dan Pare Bisa Turunkan Kadar Gula Penderita Diabetes Melitus

- 31 Mei 2021, 01:05 WIB
Jinten hitam dan pare.
Jinten hitam dan pare. /Pixabay/GOKALP ISCAN & PublicDomainPictures /

INDOBALINEWS – Para penderita kencing manis atau diabetes melitus resep alami berikut bisa membantu kurangi kadar gula dalam darah.

Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat Sardjito Yogyakarta mengatakan jinten hitam dan pare sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah dan membantu produksi insulin dalam tubuh.

“Jadi jinten hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda itu memiliki zat bernama thymoquinone. Zat ini bisa membantu mengurangi kadar glukosa darah yang menjadi penyebab dari terjadinya diabetes,” katanya, dikutip dari Antaranews, Minggu 30 Mei 2021.

Baca Juga: Aneka Manfaat Madu untuk Kecantikan, Memudarkan Bekas Jerawat hingga Menjaga Kelembapan Rambut

Menurut Danar sebuah penelitian oleh Reza Mohebbati (2020) pada penderita diabetes yang mengonsumsi ekstrak jinten hitam ditemukan kadar glukosa dalam darah mengalami penurunan yang lebih baik jika dibandingkan pasien yang mengonsumsi obat-obatan.

Dia menambahkan jinten hitam juga berfungsi sebagai imunomodulator yang meningkatan sistem imun tubuh dengan lebih baik lagi.

“Selanjutnya bahan alami yang juga memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes adalah pare,” ujar Danar.

Baca Juga: Lima Jenis Minuman Ini Membantu Menggelontor Lemak dalam Tubuh

Ia menyebut pare sudah lama digunakan untuk pengobatan bagi penderita diabetes, apalgi yang telah diekstrak dapat meningkatkan produksi insulin dengan cara menstimulasi pankreas lewat zat bernama charantin.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x