Kelompok ‘Ten Fine Art’ Gelar Pameran 17 Tahun Kebersamaan dalam Berkesenian dan Olah Gagasan

- 10 Desember 2021, 10:04 WIB
Pengunjung mengamati karya Wayan Paramarta dalam pameran Komunitas 10 Fine Art di Denpasar, Bali, Kamis 9 Desember 2021.
Pengunjung mengamati karya Wayan Paramarta dalam pameran Komunitas 10 Fine Art di Denpasar, Bali, Kamis 9 Desember 2021. /FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Tujuh belas tahun silam 10 seniman berikrar dalam satu wadah Ten Fine Art untuk menyokong proses berkarya, serta pergulatan gagasan dan aktivitas kreatif mereka.

Kesepuluh seniman tersebut adalah Made “Dolar” Astawa, Wayan “Apel” Hendrawan, Wayan Paramarta, Ida Bagus Putu Purwa, Wayan “Anyon” Muliastra, Ketut Teja Astawa, Made Romi Sukadana, A.A Ngurah Paramarta, Made Budiadnyana, dan Vinsensius Dedi Reru.

Memperingati momentum 17 tahun kebersamaan, ke-10 seniman menggelar pameran bersama di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar dengan menampilkan 28 karya terdiri lukisan dan patung babi.

Baca Juga: Jaksa Agung Instruksikan Jajarannya Gunakan Dakwaaan Tindak Pidana Pencucian Uang

Pecinta seni yang juga nggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan karya 10 seniman ini memiliki perbedaan karakteristik, tapi kehadiran mereka dalam kelompok Ten Fine Art berlandaskan kesamaan ideologi dalam berkesenian.

“Hanya kesadaran dan kebutuhan untuk menjaga komitmen kebersamaanlah yang menautkan mereka dalam sebuah kelompok. Kesadaran yang tetap mereka rawat hingga kini memasuki usia ke 17 tahun kehadiran mereka sebagai sebuah kelompok,” katanya saat membuka pameran tersebut, Kamis 9 Desember 2021 malam.

Kata Rieke dalam peringatan 17 tahun kebersamaan, kesepuluh seniman itu masih menunjukkan kekompakan dan soliditas kelompok.

Karya I Made ’Dollar’ Astawa berjudul "Bawi Duta", 54 x 32 x 24 cm, resin, 2021.
Karya I Made ’Dollar’ Astawa berjudul "Bawi Duta", 54 x 32 x 24 cm, resin, 2021. Katalog Ten Fine Art

“Semoga hal ini dapat menginspirasi kita semua untuk selalu mengaktualisasi nilai-nilai kolektivitas dan kegotongroyongan dalam hidup ini,” kata Rieke.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x