Perayaan Tumpek Landep Digelar di SMA N 2 Abiansemal Badung Bali

- 5 Maret 2022, 12:52 WIB
Perayaan tumpek landep.
Perayaan tumpek landep. /Dok Humas Polres Badung Bali

INDOBALINEWS - Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H. menghadiri kegiatan perayaan Tumpek Landep di Aula SMA Negeri 2 Abiansemal Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Sabtu 5 Maret 2022 siang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Abiansemal, Ketua MDA ( Majelis Desa Adat ) Kecamatan Abiansemal selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Abiansemal, Bendesa Desa Sedang dan Perbekel Desa Sedang.

Perayaan hari Tumpek Landep mengambil Tema "TATTWANING BHOMA NYUJUR JAGAT KERTIH" dan Pergelaran Wayang Kolaborasi Ring Tumpek Wayang Saha Darma Shanti Nyepi Caka 1944.

Baca Juga: Gudang Vaksin Covid 19 Dijaga 24 jam oleh Personil Polsek Abiansemal

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H. pada intinya menyampaikan isi dari Surat Edaran Gubernur Bali bahwa kegiatan pergelangan Tumpek Wayang harus dilaksanakan baik dari Sekala maupun Niskala.

Berkaitan dengan hal itu maka dilaksanakan kegiatan persembhayangan dan melakukan pergelaran wayang,"ungkapnya.

Baca Juga: 3 Maskapai Rute Internasional Lakukan Pendaratan Perdana di Bandara Ngurah Rai Bali

Di sela-sela kegiatan tersebut disampaikan pula tentang arti dari Tumpek Wayang yang dibawakan dengan Bahasa Inggris yang artinya Sabtu Kliwon Wuku Wayang atau lebih dikenal di Bali dengan Tumpek Wayang.

Upacara Tumpek Wayang jatuh setiap 6 bulan (210 hari) menurut kalender Bali jatuh pada Hari Sabtu / Saniscara Kliwon Wuku Wayang. Menurut tradisi di Bali, seorang anak yang lahir pada Wuku Wayang harus melukat dengan Tirta Wayang Sapuh Leger.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x