Pameran Tunggal Made Kaek, Cryptic: Sosok Samar di Atas Kanvas dan Paras

- 5 Juli 2022, 11:21 WIB
Seniman Made Kaek bersama putra bungsunya.
Seniman Made Kaek bersama putra bungsunya. / /Dok. Rumah Paros

INDOBALINEWS - Sosok-sosok samar berkelindan di atas kanvas. Berkaki dan berbadan aneh, bermoncong menakutkan, bergigi taring tajam, dan berrambut api.

Begitulah sedikit gambaran karya seniman Made Kaek dengan corak warna-warni mencolok di atas kanvas.

Sosok samar, ganjil, dan horor juga tampak dalam karya denga medium batu padas (paras) yang ditatah sesuai sketsa yang dibuat Made Kaek.

Baca Juga: Pengurus KNPI, Dinilai Punya Ciri Khas Jadi Calon Pemimpin Masa Depan

Sebanyak 16 lukisan yang dikerjakan selama pandemi Covid-19 dan 19 pahatan batu paras yang merupakan alih rupa dari sketsa tersebut bakal dipamerkan di Rumah Paros, Banjar Palak, Sukawati, Gianyar pada 9 Juli hingga 9 Agustus 2022.

Pameran bertajuk Cryptic: Sublimity of Made Kaek ini rencananya dibuka oleh Ketua Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Bali I Gusti Ngurah Agung Diatmika dan diisi dengan pertunjukan Kata Rupa penari kontemporer Agung Gunawan (Solo) dan pembacaan puisi karya Dewa Putu Sahadewa (Kupang).

Kurator Dr. Wayan Sujana Suklu mengatakan Made Kaek bukan semata menyajikan karya seni rupa tetapi juga mempresentasikan diri sebagai seniman sekaligus penyedia sarana beraktivitas kesenian dan pengelola kegiatan (event organizer).

Sangat beralasan jika pameran ini digelar di Rumah Paros yang menjadi studio, galeri, dan residensi yang dioperasikan sejak 12 Desember 1999. Pengunjung pameran dapat melihat dari dekat fasilitas, arsip, jejak perjalanan berkesenian, maupun berbagai pernik di tempat tersebut.

Baca Juga: Menengok Karya Pelukis Ekspresionis Transformatif, Yaari Rom di Park 23 Gallery and Creative Hub

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x