Temu Seni Tari di Ubud Bali, 18 Koreografer Muda Indonesia Napak Tilas di Situs Gunung Kawi

- 19 Juli 2022, 21:16 WIB
Peserta Temu Seni Tari dari Program Indonesia Bertutur 2022 mengikuti sesi Laboratorium Seni dan kolaborasi karya dengan melakukan napak tilas di situs Gunuhg Kawi, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa 19 Juli 2022.
Peserta Temu Seni Tari dari Program Indonesia Bertutur 2022 mengikuti sesi Laboratorium Seni dan kolaborasi karya dengan melakukan napak tilas di situs Gunuhg Kawi, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa 19 Juli 2022. /Dok. Temu Seni Tari

INDOBALINEWS - Delapan belas peserta Temu Seni Tari yang digelar di Ubud Bali mengikuti Napak Tilas dan Sarasehan tentang situs cagar budaya Gunung Kawi di Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa 19 Juli 2022.

Para koreografer muda yang datang dari berbagai wilayah Indonesia itu saling berinteraksi, menyaksikan, mengenal, dan memahami tentang sejarah, seni dan budaya di Pura Gunung Kawi.

Dalam sesi Laboratorium Seni ini mereka mempraktikkan secara organik dan terbuka serta mengangkat tema sesuai dengan apa yang dipilih melalui kesepakatan bersama melalui diskusi-diskusi terfokus.

Baca Juga: Sukseskan Insarag AP ERE 2022, Basarnas Gandeng Stakeholder di Bali

Acara yang dihelat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan ini berlangsung di Ubud, Gianyar, Bali 18-24 Juli 2022.

Kurator seni rupa dan narasumber Temu Seni Tari I Made Susanta Dwitanaya mengatakan Napak Tilas ini dirancang untuk mengajak koreografer muda mengenal bentuk, nama dan fungsi candi-candi yang ada di situs ini, sehingga mereka bisa meyerap vibrasi dan rasa dari masa lampau yang bisa menjadi sumber kekaryaan mereka.

“Saya melihat beberapa peserta bahkan sudah bisa merespon dengan tari dan olah tubuh di Candi Lima, sepertinya vibrasi dan suasana hening di Gunung Kawi benar-benar menginsiprasi mereka,” kata Susanta di sela-sela Napak Tilas di Gunung Kawi, Selasa 19 Juli 2022.

Sastrawan dan narasumber Temu Seni Tari Ketut Eriadi Ariana dalam sesi sarasehan memaparkan sebagai sebuah cagar budaya Gunung Kawi memiliki derajat yang tinggi karena ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientif and Cultural Organization (UNESCO) sebagai World Heritage.

Baca Juga: Pantai Sanur Menjadi Sasaran Patroli Sat Polairud Polresta Denpasar

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x