Seniman Melati Suryodarmo Bicara tentang Perlunya Keberlanjutan Kebudayaan dan Daya Kritis

- 25 Juli 2022, 11:53 WIB
Seniman seni rupa pertunjukan Melati Suryodarmo.
Seniman seni rupa pertunjukan Melati Suryodarmo. /Indobalinews/Ema S.

INDOBALINEWS - Seniman seni rupa pertunjukan Melati Suryodarmo mengingatkan perlunya berpikir keras untuk keberlanjutan kebudayaan dengan memopulerkan kebudayaan.

Ia juga berharap para seniman muda membangun kebiasaan proses berkarya melalui diskusi, berbagi pengalaman, dan memerhatikan kritik untuk pengembangan ide maupun gagasan.

Melati menyampaikan hal tersebut di sela-sela pentas pamungkas 18 koreografer muda dari seluruh Indonedia peserta Temu Seni Tari di Ubud, Bali 18-24 Juli 2022.

Baca Juga: Lelang Barang Koleksi, Sabuk Juara Muhammad Ali Laku Rp92,5 Miliar

Menurut Melati Temu Seni yang diinisiasi Direktorat Perfilman, Musik, dan Media; Dirjen Kebudayaan; Kemendikbudristek ini sebagai ajang silaturahmi, apresiasi, dan jejaring seni sekaligus memperkenalkan dan menambah gaung Indonesia Bertutur 2022 yang akan yang digelar menjadi bagian dari Pertemuan Menteri-Menteri Kebudayaan G20 (G20 Ministerial Meeting on Culture) di Kawasan Borobudur, Magelang, September mendatang.

Ia menyebut Temu Seni Tari ini merupakan awal dari proses baru tentang pengembangan ide, gagasan, dan garapan yang akan dibawa para koreografer ini ke daerahnya masing-masing.

“Ajang ini memberikan wadah untuk eksplorasi lebih lanjut dan semoga para peserta mengadaptasi laboratorium seni seperti ini setelah kembali ke daerah dan termotivasi membangun jejaring serta menghidupkan ekosistem seni yang berkelanjutan,” katanya di Pura Samuan Tiga Bedulu, Gianyar, Sabtu 23 Juli 2022.

Melati yang juga Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2002 ini akan terus mendorong inisiatif para koreaografer di berbagi daerah untuk diskusi, berbagi metode, pengalaman, dan bertukar pemikiran untuk membangun ekosistem berkelanjutan tersebut.

Baca Juga: Autopsi Ulang Alm Brigadir Yosua, Kapolda Jambi Pastikan Telah Siap

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x