Kenakan Busana Adat, Ketua Dekranasda Bali Promosikan Kerajinan Pulau Dewata pada Ajang Kriyanusa di JCC

- 14 September 2023, 07:17 WIB
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali dalam acara Kriyanusa di JCC Jakarta menjelaskan tentang kerajinan Bali kepada Iriana Jokowi, Rabu 13 September 2023.
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali dalam acara Kriyanusa di JCC Jakarta menjelaskan tentang kerajinan Bali kepada Iriana Jokowi, Rabu 13 September 2023. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - drg. Ida Setiawati, Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali memberi perhatian serius pada upaya pelestarian dan pengembangan sektor kerajinan Bali.

Perhatian itu ditunjukkan dengan melakukan pendampingan terhadap para perajin binaan Dekranasda Bali yang tengah mengikuti Kriyanusa Tahun 2023, ajang pameran nusantara terbesar yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dan dibuka secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Rabu 13 September 2023.

Hadir pada acara pembukaan Kriyanusa, Ida Setiawati dengan bangga mengenakan busana adat lengkap dengan sanggul Bali. Tampil dengan paduan kebaya merah modifikasi lukisan bunga dan pis bolong rancangan khas Desainer Body and Mind serta bawahan tenun songket warna gelap, perempuan berlatar belakang dokter gigi ini nampak luwes dengan busana yang ia kenakan.

Baca Juga: Ketua Timnas Pemenangan AMIN Cerminkan Kebhinekaan

Pada acara pembukaan, Ida Setiawati bersama Ketua Dekranasda dari seluruh Indonesia tampil dalam peragaan busana nusantara yang menjadi bagian dalam rangkaian acara pembukaan.

Usai mengikuti prosesi pembukaan, Ida Setiawati mengunjungi stand pameran Dekranasda Bali dan sejumlah kabupaten yang turut berpartisipasi pada ajang Kriyanusa di JCC. Bahkan, ia tak canggung menarik pengunjung untuk mampir ke stand Dekranasda Bali dan menawarkan untuk membeli kerajinan khas yang panjang.

Ditemui di sela-sela kegiatan menghadiri pembukaan Kriyanusa, Ida Setiawati menyampaikan apresiasi dan kagum dengan ragam kerajinan khas Bali yang begitu menarik. Ia berharap, ke depannya sektor kerajinan Bali akan makin berkembang dan memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Pulau Dewata.

Baca Juga: Selebrasi Pratama Arhan Penuh Makna untuk Sang Istri di Kualifikasi Piala Asia U-23, Netizen: Bikin Baper

Pada bagian lain, ia juga menyinggung banyak manfaat positif yang bisa diperoleh pelaku IKM/UMKM yang mendapat kesempatan mengikuti pameran. Apalagi, ajang yang mereka ikuti adalah pameran bertaraf nasional seperti Kriyanusa. Selain menjadi media promosi, melalui kegiatan ini para pelaku IKM/UMKM dapat menimba pengalaman serta menambah wawasan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x