Dekranasda Bali Gelar Pameran Kerajinan di TMII Jakarta

- 29 Desember 2022, 17:05 WIB
Ketua Dekranasda Bali Putri Koster membuka pameran kerajinan di TMII Jakarta Rabu 28 Desember 2022.
Ketua Dekranasda Bali Putri Koster membuka pameran kerajinan di TMII Jakarta Rabu 28 Desember 2022. /Dok Humas Pemprov Bali

 

INDOBALINEWS - Dekranasda Provinsi Bali bekerjasama dengan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali serta Dinas Penghubung Bali menggelar pameran kerajinan di Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Dalam pembukaan pameran Rabu 28 Desember 2022, Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster pameran ini sebagai bentuk peran aktif Dekranasda Bali sebagai partner pemerintah untuk memajukan perekonomian bangsa melalui bidang kerajinan.

"Saya sendiri sebagai ketua dewan pengawas kerajinan daerah Bali tentunya melakukan pengawasan terhadap naik turunnya kondisi kerajinan yang juga akan berdampak pada kondisi perekonomian Bali," ungkapnya.

Baca Juga: Samsung Perbarui Fitur Keamanan, Mudahkan Pengaturan Berbagi Data

Menurutnya pada era tahun 80an kerajinan handycraft Bali sangat booming hingga dapat mensejahterakan pengrajin dan masyarakat Bali. Namun saat ini industri kerajinan Bali jalan di tempat. 

"Persaingan global yang tidak terjaga dengan baik, asosiasi dan pelaku kerajinan itu sendiri akhirnya pelan-pelan menurunkan tangga kejayaannya, apalagi ditimpa dengan bisnis yang pragmatis,” imbuh Bunda Putri.

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022, Tayang di RCTI

Sebagai dampak dari persaingan global dan bisnis yang pragmatis ini, saat ini banyak ditemukan kain endek Bali yang di tenun bukan di Bali dan dipasarkan kembali di Bali.

Menurutnya sistem yang seperti itu hanya akan merugikan pengrajin dan masyarakat Bali.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x