Denpasar Festival Libatkan 2.548 Seniman di 17 Pementasan Budaya dan 178 UMKM Unggulan

- 23 Desember 2023, 07:28 WIB
Foto bersama para seniman yang ikut terlibat dalam Denfest yang dibuka Jumat 22 Desember 2023.
Foto bersama para seniman yang ikut terlibat dalam Denfest yang dibuka Jumat 22 Desember 2023. /Dok Huma Pemkot Denpasar

INDOBALINEWS - Sebanyak 2.548 Seniman dan 178 UMKM unggulan ikut menyemarakkkan gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-16 Tahun 2023yang  dibuka secara resmi di Kawasan Catur Muka Kota Denpasar pada Jumat 22 Desember 2023.

Dalam balutan Garapan Inagurasi Jayastamba, pembukaan ditandai dengan pemasangan Gelung Tari Baris oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta Forkopimda Kota Denpasar.

Rangkaian Inagurasi difokuskan pada tiga segmen utama yakni Pura, Puri dan Pasar. Dimana, dalam adegan Pura diawali dengan penampilan 1.200 Tari Rejang Napa Siti.

Baca Juga: Penting! Ini Daftar Makanan yang Bisa Bantu Kulit Kamu Lebih Glowing, Yuk Simak

Dilanjutkan dengan Ritual Pengerebongan yang ditandai dengan iringan Gong Gede, Pengayah Tanda, Lelontekan, Patih-Patih Sikep Poleng dan Prosesi Pemutaran Atau Ngider Bhuana. Selanjutnya untuk konsep Puri yang digambarkan dengan panji-panji kerajaan, diiringi baris dan legong.

Sedangkan konsep Pasar menekankan penokohan Ida Bhatari Melanting beserta 8 penari rempah yang menggunakan kostum dengan ornamen sayur, busung, buah, cabai, seta gongseng yang menandakan kesuburan tanah Bali yang memberikan berkah terhadap masyarakatnya.

Adegan menghadirkan menghadirkan Baris Catur dengan ornamen 4 warna yang berbeda membawa tombak panjang sebagai simbol penyangga kejayaan suatu peradaban. Menari di 4 titik perempatan catur muka dengan semarak perjuangan.

Baca Juga: 4 Saus Bakar Enak Untuk Malam Tahun Baru, Simak Cara Membuatnya!

Lebih lanjut Jaya Negara menjelaskan, secara tematik, Denfest tahun ini mengusung tema Jayastambha yang bermakna pilar kejayaan. Dimana, dari tema ini turut digemakan konsep pura, puri dan pasar sebagai ikon penting pembangunan masa lampau.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x