Festival Renon, Perayaan 5 Abad Sejarah Masyarakat yang Berawal dari Prasasti Blanjong

- 18 November 2023, 21:05 WIB
Pembukaan Festival Renon dihadiri Wawalikota Denpasar Sabtu
Pembukaan Festival Renon dihadiri Wawalikota Denpasar Sabtu /Dok Pemkot Denpasar

 

 

INDOBALINEWS - Pagelaran Budaya Renon Festival dibuka Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana mewakili Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara, Sabtu Sore, 18 November 2023 di Pertigaan Jalan Tukad Bilok dan Jalan Balian, Renon.

Perhelatan Renon Festival 2023 sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan memperkenalkan sejarah, budaya serta kesenian yang ada di Desa Adat Renon.

Selain itu, juga untuk memberikan wadah dan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Denpasar khusunya. Rangkaian Renon Festival telah dimulai dari Bulan September sampai dengan puncak event di Bulan Desember 2023.

Baca Juga: Viral di Medsos Kapal Blue Lagoon Tenggelam Hebohkan Bali, Ini Faktanya

Jro Bandesa, Desa Adat Renon, I Wayan Suarta didampingi Ketua Panitia Renon Festival, I Wayan Sukarsa mengatakan, Renon Festival yang pertama ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Adat Renon pada 27 Desember 2023.

Renon sebagai salah satu desa yang memiliki sejarah panjang, berangkat dari Prasasti Blanjong, Shri Kesari Warmadewa. Berdasarkan sejarah itu penduduk Renon tadinya bertempat di Sanur Kauh daerah Blanjong. Karena terjadi peperangan, lalu mengungsi di tanah Renon yang lamanya sudah 5 abad.

“Festival ini sekaligus sebagai sebuah perayaan 5 abad kami sudah tinggal di Renon,” katanya.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Persib Bandung Krisis Bek Kanan, Bojan Hodak Pasrah, Harap Manajemen Punya Budget Besa

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x