Metode Induksi Bunga Bisa Jadi Solusi Agar Tanaman Bisa Berbuah di Luar Musim

- 8 Mei 2021, 20:26 WIB
 Tim peneliti dari Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa memperkenalkan metode induksi bunga agar tanaman bisa berbuah di luar musim.
Tim peneliti dari Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa memperkenalkan metode induksi bunga agar tanaman bisa berbuah di luar musim. /Dok Muli

INDOBALINEWS - Petani Jeruk siam “Dana Pertiwi” di Desa Belancan, Kintamani, Bangli didorong mampu memproduksi buah di luar musim agar kontinyuitas produksinya berkesinambungan.

Petani juga didorong mampu memahami dan mampu mempraktekkan cara budidaya jeruk yang baik dan benar untuk meningkatkan kualitas. Dorongan tersebut disampaikan oleh tim peneliti dari Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa dengan memperkenalkan metode induksi bunga.

Tim yang terdiri dari Ir. Ni Komang Alit Astiari, M.Si., Dr. Ir. Ni Putu Anom Sulistiawati, M.Si dan Ir. I Nengah Suaria, M.Si pada Sabtu 8 Mei 2021 tengah melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kintamani.

Baca Juga: Heboh 2 Hari, Hiu Terdampar Tanpa Sirip di Klungkung Bali

Menurut Ketua Tim PKM Ir. Ni Komang Alit Astiari, M.Si, kontinyuitas suplai buah yang tidak berkesinambungan dapat diatasi dengan menerapkan metode induksi bunga agar tanaman jeruk Siam berbuah di luar musim atau tanaman dapat diatur agar berbuah berjenjang sepanjang tahun.

Syarat utama keberhasilan penerapan metode induksi bunga agar tanaman dapat diatur berbuah sepanjang tahun dan berprooduksi di luar musim adalah pada saat aplikasi induksi pembungaan tanaman harus dalam keadaan sehat, vigor dan pertumbuhannya baik.

Baca Juga: Hemat Saat Pandemi, Sampah Rumah Tangga Bisa Jadi Eco Enzyme untuk Desinfektan

“Hal tersebut diperoleh dari pemeliharaan yang baik pada periode panen raya melalui pemupukan berimbang dengan dosis yang tepat disertai dengan melakukan penjarangan buah dan melakukan panen buahn pada saat yang tepat atau saat masak,sehingga setelah panen raya tanaman sehat dan sewaktu-waktu siap diberikan perlakuan induksi bunga untuk memproduksi di luar musim” kata Alit Astiari.

Alit menyampaikan metode yang digunakan untuk induksi pembungaan dan pembuahan dengan kombinasi pupuk KNO3 40 g/pohon ditambah dolomit 300 g/pohon, ZnSO4 10 g/pohon, paklobutrazol 2 g/l/pohon dan pupuk mikorisa 500 g/pohon.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah