Orang Tua Perlu Latih Anak Remaja Etika di Dunia Digital

- 6 Juli 2021, 13:02 WIB
Ilustrasi anak-anak kecanduan game online.
Ilustrasi anak-anak kecanduan game online. /Pixabay/explorerbob/

INDOBALINEWS - Kebutuhan akan digital saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan  sehari-hari. Termasuk pada anak-anak usia remaja, yang berkomunikasi, bergaul dan mengembangkan diri di dunia digital dan media sosial.

Karena teknologi yang tidak bisa dibendung efek negatifnya, maka orangtua diharapkan mampu memberikan perhatian lebih dalam mengajarkan anak untuk bisa menggunakan teknologi dengan semaksimal mungkin, dengan dampak negatif seminimal mungkin.

Tidak hanya etika menggunakan internet, orang tua juga harus membekali bagaimana etika anak dalam berperilaku di dunia nyata setelah kehadiran teknologi yang mendominasi kehidupan orang sehari-hari.

Baca Juga: Belajar Memberi dari Ida Pandita Dukuh Celagi Daksa Dharma Kirti

Made Darma, Guru BK SMK Dwi Tunggal Tabanan, mengatakan sangat penting menerapkan etika dalam ruang digital. Untuk itu pemahaman pentingnya etika ini juga wajib ditanamkan kepada anak-anak sejak dari rumah.

“Sebagai orang tua juga harus mengajarkan anak untuk menerapkan etika saat berinteraksi di ruang digital,” ujar Made Darma saat berbicara dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Tabanan, Bali Senin 5 Juli 2021.

Lebih lanjut ia juga memberikan pemahaman bahwa etika tersebut bisa diterapkan dengan melakukan kegiatan mengakses,, menyeleksi, memahami, menganalisa, membuktikan, mengevaluasi, mendistribusikan, berpartisipasi dan berkolaborasi.

Baca Juga: Curi Emas Lewat Plafon, Warga Jember diringkus di Pasar Malam Badung

“Anak-anak tentu awalnya tak paham bagaimana caranya berinteraksi dan berkolaborasi di ruang digital sesuai dengan etika. Anak-anak juga wajib mengenali dengan siapa kita berinteraksi dan tujuan kita dalam membagikan postingan atau unggahan,” katanya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x