Trans Metro Dewata, Mode Transportasi Baru di Denpasar

- 8 September 2020, 05:48 WIB
Bus Trans Metro Dewata/ Instagram resmi Pemkot Denpasar @denpasarkota
Bus Trans Metro Dewata/ Instagram resmi Pemkot Denpasar @denpasarkota /

INDOBALINEWS - Pemerintah Provinsi Bali melalui Kementerian Perhubungan RI, mendapatkan hibah berupa Bus Trans Metro Dewata sebanyak 105 unit.

Angkutan umum yang diperuntukan bagi masyarakat ini akan beroperasional di 4 kabupaten/kota dengan 4 koridor.

Baca Juga: KAGAMA Bali : Upaya Pencegahan Covid-19 Masih Harus Diprioritaskan

Rute yang akan dilintasi oleh Trans Metro Dewata, diantaranya, Terminal Pesiapan (Tabanan) - Cetral Parkir (Kuta, Badung), Matahari Terbit (Denpasar) - Dalung Permai (Badung), Ubud (Gianyar) - Terminal Ubung (Denpasar)  dan Gor Ngurah Rai (Denpasar) - Bandara Ngurai Rai (Badung). Trans Metro Dewata ini dapat diakses melalui aplikasi yang diberi nama Teman Bus (Transportasi Ekonomis Mudah, Andal dan Nyaman).

“Bali menjadi wilayah ketiga setelah sebelumnya peresmian dilakukan di Solo dan Palembang,” Direktur Jendral (Dirjen)  Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi. Senin, 7 September 2020 disela-sela peluncuran Trans Metro Dewata yang digelar di area parkir Pasar Badung.  

Baca Juga: Bali Siap Diperiksa BPK Terkait Anggaran Belanja Pandemi Covid-19

Menurutnya, salah satu tujuan dari peresmian alat transportasi umum ini adalah adanya perubahan tradisi masyarakat untuk memiliki ketergantungan terhadap transportasi umum.

"Salah satu parameter di negara maju yaitu ketergantungan masyarakatnya terhadap kendaraan umum," ujarnya. 

Dengan beralihnya masyarakat menggunakan kendaraan umum, lanjut Budi Setiyadi mengatakan, pergerakan ekonomi menjadi bagus dan kemacetan bisa dikurangi.

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x