Jelang Hari Raya Nyepi di Bali, Polsek Kuta dan Pecalang Amankan Pelaksanaan Upacara Melasti

- 19 Maret 2023, 15:53 WIB
Pengamanan upacara Melasti jelang Hari Raya Nyepi di Badung Bali Minggu 19 Maret 2023.
Pengamanan upacara Melasti jelang Hari Raya Nyepi di Badung Bali Minggu 19 Maret 2023. /Dok Humas Polres Badung

INDOBALINEWS - Dalam Agama Hindu, Upacara Melasti merupakan rangkaian hari Raya Nyepi dan Melasti disebut Melis atau Mekiyis.

Pelaksanaannya dilakukan beberapa hari sebelum dilaksanakan tawur kesanga guna memohon kesejahteraan alam dan lingkungan menjelang pergantian Tahun Saka.

Personil gabungan Polsek Kuta yang dipimpin Padal masing - masing wilayah Kelurahan, lakukan pengamanan dan pengaturan lalin dengan bersinergi Pecalang Desa Adat guna kelancaran kegiatan Melasti warga, Minggu 19 Maret 2023 pagi.

Baca Juga: 'Rungkad, Entek Entekan', Lirik Lagu Viral Rungkad yang Dipopulerkan Happy Asmara

Upacara Melasti yang didominasi dari warga luar, sudah melakukan aktivitasnya sejak pagi dibeberapa kawasan Pantai yang ada diwilayah hukum Polsek Kuta.

Kapolsek Kuta Kompol Yogie Pramagita, S.H., S.I.K., M.H., dikonfirmasi terpisah mengungkapkan bahwa, personil gabungan sudah disetting sejak awal.

Hal itu dilakukan guna membantu kelancaran kegiatan atau Upacara Melasti rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945, baik untuk warga yang ada di wilayah, maupun yang datang dari luar wilayah hukum.

Baca Juga: Pelintas Tol Bali Mandara Naik 100% Lebih, Wajah Baru Mempengaruhi

"Dengan kehadiran personil Polsek Kuta yang senantiasa bersinergi dengan Pecalang Desa Adat dalam pelaksanaan pengamanan dan pengaturan lalin, diharapkan seluruh rangkaian Upacara Melasti dapat berjalan lancar dan tertib serta aktivitas masyarakat dan wisatawan juga berjalan normal," tutupnya. ***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x