Peresmian Taman Gumi Banten Semarakkan Rangkaian Tumpek Wariga

- 27 Juli 2023, 15:11 WIB
Rangkaian peringatan Tumpek Wariga, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus di Jembrana Rabu 26 Juli 2023.
Rangkaian peringatan Tumpek Wariga, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus di Jembrana Rabu 26 Juli 2023. /Dok Humas Pertamina Balinusra

INDOBALINEWS -  Rangkaian peringatan Tumpek Wariga, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai digelar dengan meresmikan Taman Gumi Banten (TGB) program Perhutanan Sosial.

Serangkaian acara sekaligus dilakukan  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara DPPU Ngurah Rai dengan Desa Yehembang Kangin di Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Acara ini dihadiri Bupati Jembrana, Camat Jembrana, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana, Polres Jembrana, Perbekel, Bendesa Yehembang Kangin dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Bani Giri Lestari, Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Bali Barat.

Baca Juga: WBP Lapas Narkotika Bangli Dilatih Eco Enzyme

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian Tumpek Wariga dengan mengambil filosofi Bali Tumpek Wariga sebagai wujud pelaksanaan ajaran Tri Hita karana.

Yaitu penyebab kebahagiaan terjalin dari tiga hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam (tumbuh-tumbuhan).

Tumpek Wariga sendiri dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur terhadap kekayaan alam yang melimpah ruah.

Baca Juga: Bikin Heboh Netizen, dr. Richard Lee Pindah Lapak Live Streaming Ke Shopee Live Bisa Dapat Omzet Lebih Besar

Maka dari itu PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui DPPU Ngurah Rai mengambil momentum tersebut untuk penandatanganan MoU pendampingan program Perhutanan Sosial dan peresmian TGB di Desa Yehembang Kangin.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x