50 Relawan SAI Rescue Dibekali Teknik Pertolongan Pertama oleh Basarnas

- 18 Agustus 2023, 16:44 WIB
Pembinaan SAR Community di Bidang Teknik Pertolongan Pertama kepada 50 orang Relawan SAI Rescue pada Jumat pagi 18 Agustus 2023 oleh Basarnas.
Pembinaan SAR Community di Bidang Teknik Pertolongan Pertama kepada 50 orang Relawan SAI Rescue pada Jumat pagi 18 Agustus 2023 oleh Basarnas. /Dok Basarnas Bali

INDOBALINEWS - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melalui Direktorat Bina Potensi menggelar kegiatan Pembinaan SAR Community di Bidang Teknik Pertolongan Pertama kepada 50 orang Relawan SAI Rescue pada Jumat pagi 18 Agustus 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar SAR bagi komunitas guna meningkatkan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, S.H. membuka secara resmi kegiatan Pembinaan SAR Community di gedung SAI Study Group Denpasar, Jalan Kemuda III No 6.

Baca Juga: 83 Persen Endek dan Songket di Bali Ditenun Perajin di Luar Bali

Dalam sambutan Direktur Bina Potensi yang dibacakan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar sesuai amanah Undang - Undang Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan, Basarnas memiliki kewajiban untuk memasyarakatkan SAR ke seluruh tanah air.

Indonesia sebagai negara yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi tentunya harus didukung dengan tenaga SAR cepat, tanggap dan profesional.

Untuk itu sejak 2019 Basarnas memiliki program unggulan Quiks Wins yang merupakan program percepatan untuk mengatasi/memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan SAR salah satunya dengan kegiatan Pembinaan SAR Community yang dilaksanakan pada kesempatan ini.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024: Polda Bali Gelar Deklarasi Damai Peserta Pemilu

"Saya harapkan peserta mampu mengikuti baik secara materi dan praktek, karena teknik pertolongan pertama merupakan teknik mendasar yang harus dimiliki seorang penolong. Nantinya ilmu yang didapat bisa diaplikasikan ditingkat keluarga dan masyarakat yang menghadapi keadaan darurat," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x