Parkir Liar di Trotoar Ditertibkan, Jamin Hak Pejalan Kaki

- 2 Oktober 2023, 22:30 WIB
Petugas tengah menertibkan parkir liar di Panjer Denpasar Senin 2 Oktober 2023 untuk menjamin hak pejalan kaki.
Petugas tengah menertibkan parkir liar di Panjer Denpasar Senin 2 Oktober 2023 untuk menjamin hak pejalan kaki. /Dok Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Tim Kelurahan Peguyangan bekerjasama dengan Satpol PP Kecamatan Denpasar Utara menertibkan Parkir Liar di Trotoar Jalan di wilayah Kelurahan Peguyangan, Senin 2 Oktober 2023. Penertiban tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjamin hak pejalan kaki dan menjaga ketertiban umum.

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana, menjelaskan, penertiban ini di lakukan lantaran sering terjadi parkir liar di atas trotoar terutama mobil pengangkut yang notabene berat dan akan merusak trotoar. Penertiban ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengembalian fungsi trotoar sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Denpasar Nomor 1 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan penertiban ini akan terus dilakukan baik itu terhadap para pedagang ataupun terhadap parkir liar kendaraan. Sehingg peruntukan trotoar untuk pejalan kaki dapat terus dioptimalkan.

Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Gratis Hingga Pertengahan Oktober 2023

"Akan kami terus lakukan secara berkelanjutan terhadap parkir liar kendaraan maupun para pedagang yang menggunakan trotoar tidak sesuai peruntukan," ungkapnya.

Sudi Arcana menekankan, siapapun masyarakat tidak diperkenankan parkir di trotoar. Maka dari itu pihaknya secara berkelanjutan akan terus melaksanakan pengawasan agar trotoar ini berfungsi optimal untuk pejalan kaki.

Baca Juga: Suhendra Dilantik Sebagai Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai: Anggiat Mengajak Seluruh Staf untuk Bekerja Sama

"Harapannya sarana dan prasarana yang ada di jalan raya untuk dipergunakan sebaik-baiknya," ujarnya.

Disisi lain, Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan menyampaikan hal serupa, bahwasanya pengawasan dan penertiban dilakukan untuk kenyamanan pengguna jalan khususnya pejalan kaki dan demi kelancaran lalu lintas

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x