Menteri PUPR Basuki Sebut Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Bali Masih Proses Tender, Estimasi Rampung Akhir 2025

- 22 November 2023, 21:01 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu 22 November 2023.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu 22 November 2023. /Dok. Muamar.

 

INDOBALINEWS - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan proyek tol Gilimanuk-Mengwi, Bali, dalam proses tender dan akan dilakukan pada Desember 2024.

"Itu sekarang mau ditender, dalam proses tender lagi kalau yang Mengwi. Karena sudah diputus yang pemrakarsa kemarin tidak bisa memenuhi financial close (target pendanaan). Sudah kita ubah menjadi solicited, menjadi pemrakarsa pemerintah, sekarang ditender," ujar Basuki kepada awak media di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu 22 November 2023. 

Basuki menjelaskan untuk investor yang tertarik nantinya tergantung tendernya karena saat ini pemrakarsa-nya adalah pemerintah.

Baca Juga: Polresta Denpasar Terangkan Ihwal Viralnya Mahasiswa Medan yang Diduga Dibunuh di Bali

"Iya nanti tergantung tendernya. Kan beda, kalau dulu investor yang memprakarsai, sekarang pemrakarsanya ada di pemerintah. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa ditender. Mudah-mudahan Desember ini sudah bisa kita tender," terangnya.

Sementara, di tempat yang sama Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan hal senada bahwa Tol Mengwi-Gilimanuk sedang evaluasi persiapan tender. Kemudian, untuk peserta tender belum diketahui karena belum selesai tender.

"Belum juga tender gimana tahu pesertanya. Jadi gini, ini kan berubah, dari dulu prakarsa menjadi solicited. Jadi ada beberapa hal yang harus kita hitung ulang, butuh dukungan konstruksi atau tidak, kemudian pengadaan tanah juga jadi oleh negara," jelasnya.

Baca Juga: Turah Bima, Kandidat Raja Denpasar X Ditunjuk Sebagai Penglingsir Puri Agung Denpasar

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x