Mengenal Desa Keliki yang Mengusung Konsep Desa Wisata Ramah Lingkungan dengan Kemandirian Energi

- 29 November 2023, 15:33 WIB
Hamparan persawahan di Desa Keliki Gianyar Bali.
Hamparan persawahan di Desa Keliki Gianyar Bali. /Dok Evie

 

INDOBALINEWS - Desa Keliki yang berada di Gianyar Bali mengusung konsep Desa Wisata Ramah Lingkungan yang mandiri secara energi. Dalam kegiatanya, Desa Keliki memanfaatkan panel surya untuk keperluan pengolahan sampah dengan pola reduce, reuse, and recycle (TPS3R), pengairan sawah di tujuh lokasi subak (kelompok pengairan sawah), penerangan area TPS3R dan penerangan area pemancingan.

I Ketut Wita, Kepala Desa Keliki mengatakan saat ini Desa Energi Berdikari Keliki menggunakan kapasitas energi sebesar 28 Kwp yang berkontribusi terhadap pengurangan emisi 36 tonCO2eq/tahun.

"Pengolahan sampah organik hingga mencapai 180 ton/tahun dan penghematan listrik hingga mencapai Rp 60.000.000/tahun," ujar Ketut Wita saat dikunjungi Pertamina Jatimbalinus dan para anggota Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan DEB Senin 28 November 2023.

Baca Juga: Liga 1: Wasiat Surat Sakti Kesatuan Bikin Frets Butuan Terpaksa Tinggalkan Persib Bandung

GIZ merupakan perusahaan internasional Jerman yang beroperasi di berbagai bidang di lebih dari seratus dua puluh negara dalam bidang kerja sama pembangunan. Dalam implementasinya, GIZ bekerja sama tidak hanya dengan pemerintah, tetapi juga bersama lembaga negara maupun sektor swasta.

Dalam kunjungan ke Desa Keliki, GIZ melihat implementasi energi bersih dan terbarukan yang digunakan untuk operasi kegiatan TPS3R. Kemudian mengunjungi lokasi subak dengan agenda melihat implementasi energi bersih dan terbarukan yang digunakan untuk operasional pengairan sawah di tujuh subak di Desa Keliki Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar.

“Kami sangat senang mengunjungi Desa Keliki, terima kasih banyak telah menerima kunjungan kami. Semoga nantinya Desa Keliki dapat terus berkembang dan menjadi semakin menarik. Sekarang Kami dari berbagai negara telah mengenal Desa Keliki", ujar Sascha Oppowa, perwakilan tim GIZ.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis, Coba Cara Ini !

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x