Kemenparekraf Serahkan Bantuan DPUP Bagi Empat Desa Wisata di NTB

- 16 Oktober 2023, 12:12 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat, Sabtu (14/10/2023) di Kota Mataram.
Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat, Sabtu (14/10/2023) di Kota Mataram. /Dok Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyerahkan bantuan dana Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) kepada empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu 14 Oktober 2023 di Desa Wisata Taman Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram.

Bantuan ini merupakan program tindak lanjut dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 dan 2022. Bersamaan dengan acara penyerahan bantuan juga dilakukan pelatihan literasi keuangan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai acara penyerahan bantuan, mengatakan bantuan yang diberikan berupa dana dengan nominal rata-rata Rp120 juta ditujukan untuk pembelian peralatan pendukung produksi usaha parekraf.

Baca Juga: Buah Pepaya Berpotensi Jadi Bahan Bakar Masa Depan Pengganti Bensin

Empat desa wisata yang mendapatkan bantuan yakni Desa Wisata Sesaot Kabupaten Lombok Barat, Desa Wisata Bonjeruk Kabupaten Lombok Tengah, serta Desa Wisata Senaru Kabupaten Lombok Utara.

"Alhamdulillah pariwisata kita sudah bangkit. Dan dengan bantuan DPUP ini diharapkan dapat memperkuat harapan baru masyarakat yaitu masyarakat sejahtera adil dan makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Harga murah, kerja mudah, hidup berkah dengan ekonomi hijau," kata Menparekraf Sandiaga Uno dala pernyataan resminya yang dirilis Senin 16 Oktober 2023.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Barito Putera Mulai Bergerak, Wawan Febrianto PSIS Semarang Masuk Daftar Belanja

Bantuan bagi empat desa wisata di Nusa Tenggara Barat ini dikatakan Sandiaga, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah untuk menjadikan desa wisata lebih tangguh ke depan dengan daya tarik wisata yang lebih beragam dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif unggulan. Juga pengembangan sumber daya manusia.

"Saya harap agar bantuan, baik dana dan pendampingan dalam literasi keuangan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan," kata Sandiaga.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x