Restoran dan Hotel di Badung Disidak guna Periksa Izin Tinggal dan Dokumen Pegawai Asing

- 8 Desember 2023, 08:48 WIB
Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali saat melakukan penyidakan di Movenpick Resort & Spa Jimbaran, Jimbaran, Badung, Bali, Kamis 7 Desember 2023.
Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali saat melakukan penyidakan di Movenpick Resort & Spa Jimbaran, Jimbaran, Badung, Bali, Kamis 7 Desember 2023. /Ronatal Siahaan/IndoBaliNews.com

 

INDOBALINEWS – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali melakukan penyidakan di dua tempat di Badung, Kamis 7 Desember 2023, yakni restoran Bali Sentosa Seafood dan Movenpick Resort & Spa Jimbaran.

Sidak ini dilaksanakan dalam rangka mengawasi dan mengecek izin tinggal dan dokumen warga negara asing (WNA) yang berstatus sebagai pegawai di kedua tempat tersebut.

Sidak pertama bertempat di Bali Sentosa Seafood di Kuta, yang dipimpin oleh Kabid Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali Agung Narayana. Dua orang WNA asal Malaysia diketahui bekerja di restoran yang diduga milik agen Tiongkok berinisial EW.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024: Pemerintah dan Stakeholder Diminta Berkolaborasi Tingkatkan Keamanan Siber  

"Sidak hari ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan, yakni pengawasan terhadap warga negara asing atau WNA. Kebetulan pada hari ini, kita obyek sasarannya di wilayah Kuta dan Jimbaran," ujar Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Bali Anak Agung Bagus Narayana kepada awak media, Kamis 7 Desember 2023.

Hasil pemeriksaan mengungkapkan bahwa kedua WNA tersebut memiliki dokumen lengkap. Kendati demikian, mereka tidak diwawancarai. Pasalnya, salah satu WNA itu tengah dirawat di rumah sakit akibat kecelakaan. Sedangkan yang satunya sedang cuti dan berada di Malaysia.

"Di Sentosa Seafood kita temukan data ada dua orang WNA asal Malaysia yang bekerja sebagai chef (koki) dan sebagai manajer pemasaran. Namun, kedua WNA tersebut tidak bisa dihadirkan karena sakit serta seorang lagi cuti dan kembali ke negaranya," ujar Agung, Kamis 7 Desember 2023.

Agung menuturkan kedua pegawai asing tersebut memiliki dokumen yang legal. HRD Bali Sentosa Seafood Rizwan juga membenarkan hal tersebut.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x