Pengelolaan Sampah di Bali Belum Optimal: 'Putus Kontrak Jika Tak Sanggup Urus'

- 15 Januari 2024, 08:30 WIB
PJ Gubernur memimpin rakor bersama terkait pengelolaan sampah di Bali yang belum optimal, Sabtu 12 Jauari 2024.
PJ Gubernur memimpin rakor bersama terkait pengelolaan sampah di Bali yang belum optimal, Sabtu 12 Jauari 2024. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Menindaklanjuti arahan Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan terkait optimalisasi penanganan sampah di Bali khususnya TPS3R/TPST, maka Penjabat (PJ) Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya menggelar rapat koordinasi bersama.

Rakor tersebut membahas strategi Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, dalam optimalisasi TPS3R/TPST, bertempat di Ruang Pertemuan TPST Kesiman Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur pada Sabtu 13 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, rapat dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Dr. Nani Hendiarti, Prof. Mari Elka Pangestu, Wali Kota Denpasar I.G.N Jaya Negara, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa serta undangan terkait lainnya.

Baca Juga: Pria Asal Jawa Timur Terseret Arus Pantai Berawa Canggu, Belum Ditemukan

Di hadapan para peserta rapat, PJ. Mahendra Jaya mengatakan bahwa hambatan kurang optimalnya TPS3R/ TPST dalam menangani sampah dari Badung dan Denpasar harus segera diselesaikan.

Mengingat permasalahan sampah sudah menjadi perhatian serius Presiden sejak sebelum G20, dan sampai saat ini pengelolaannya belum optimal.

Untuk itu, Mahendra berharap rapat kali ini bisa memberikan solusi terkait hambatan yang ditemui termasuk evaluasi dari kinerja Bali CMPP selaku pengelola yang sebelumnya sudah diberikan deadline sampai akhir tahun 2023.

Baca Juga: El Clasico 2024, Real Madrid vs Barcelona di Final Piala Super Spanyol, Jadwal Laga dan Link Live Streaming

Mahendra mengatakan, jika Ketiga TPST di Denpasar (TPST Kesiman Kertalangu, TPST Padang Sambian, TPST Tahura) dapat beroperasi secara penuh dengan total kapasitas 1.020 ton maka permasalahan sampah di Kota Denpasar seharusnya sudah teratasi dan tidak lagi ada pengiriman sampah ke TPA Suwung.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x