GeNose Alat Screening Covid-19 Buatan UGM Yogyakarta Siap Digunakan di 2 Stasiun KA

- 3 Februari 2021, 10:04 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) meniup kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19 disaksikan Menristek Bambang Brodjonegoro di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2021). Kementerian Riset dan Teknologi menghibahkan satu unit GeNose C19 yang merupakan karya tim peneliti UGM kepada Kantor Staf Kepresidenan untuk membantu screening? COVID-19 di lembaga negara tersebut.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) meniup kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19 disaksikan Menristek Bambang Brodjonegoro di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2021). Kementerian Riset dan Teknologi menghibahkan satu unit GeNose C19 yang merupakan karya tim peneliti UGM kepada Kantor Staf Kepresidenan untuk membantu screening? COVID-19 di lembaga negara tersebut. /SIGID KURNIAWAN/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Para calon penumpang di dua stasiun kerata api (KA) yakni di Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta akan menjadi stasiun pertama penggunaan GeNose.

GeNose adalah alat penyaringan (screening) COVID-19 buatanTim Penemu dari UGM. Menurut salah satu tim UGM, Eko Fajar riset terhadap GeNose sudah dilakukan sejak lama.

Hingga saat ini terus disempurnakan agar bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi oleh masyarakat.

Baca Juga: Rencana Pemberlakuan Tilang Elektronik Ditindaklanjuti Kapolri

Selain itu GeNose juga sudah mendapat izin edar dari Kemenkes dan sudah disetujui oleh Satgas Covid-19 dengan dikeluarkannya surat edaran.

Menteri Perhubunan Budi Karya Sumadi saat meninjau uji coba penerapan GeNose di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Rabu 3 Februari 2021, mengatakan yakin alat ini sudah teruji untuk digunakan sebagai alat penyaringan Covid-19 di simpul-simpul transportasi seperti di stasiun.

Baca Juga: Mulai Hari Ini 3 Februari 2021 Arab Saudi Larang Masuk WNA 20 Negara

"Sekarang kami masih gunakan di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Nanti secara bertahap penggunaan GeNose akan ditambah di titik-titik stasiun lainnya,” kata Menteri Perhubunan Budi Karya Sumadi seperti yang dikutip oleh indobalinews.com dari antaranews.com.

Menhub menjelaskan berdasarkan keterangan tim penemu dari UGM, alat GeNose tidak tiba-tiba diterapkan tetapi sudah melalui proses riset yang cukup lama sebelum bisa digunakan untuk publik.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x