13 Lapangan Usaha Tumbuh Positif, Tren Pemulihan Perekonomian Bali

- 7 Februari 2021, 09:11 WIB
Kepala Perwakilan BI Bali.
Kepala Perwakilan BI Bali. /shira ade Indobalinews

INDOBALINEWS - Tren pemulihan ekonomi pada triwulan IV 2020 berlangsung terbatas. Dari 17 lapangan usaha, 13 diantaranya tercatat tumbuh positif.

Dimana tiga pertumbuhan tertinggi dialami lapangan usaha Pengadaan Listrik dan Gas yang tumbuh sebesar 5,46% (qtq). Diikuti sektor Penyediaan Akomodasi Makan dan Minum yang tumbuh sebesar 3,61% (qtq).

Dan Jasa Kesehatan & Sosial yang tumbuh sebesar 3,01% (qtq). Sejalan dengan itu, sektor pertanian juga mengalami pertumbuhan positif sebesar 1,99% (qtq).

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Pemukiman Pemulung di Denpasar Bali, 71 Warga Mengungsi di Sekolah

Dari sisi penggunaan, perbaikan terjadi pada komponen Konsumsi Pemerintah (29,88% qtq), Ekspor Luar Negeri (13,16% qtq), dan Investasi (2,4% qtq).

Demikian yang tercatat dalam laporan BPS Provinsi Bali yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bak Indonesia Bali Trisno Nugroho, Sabtu 6 Februari 2021 yang dikutip oleh indobalinews.com.

Baca Juga: Ini Kronologi Tewasnya Pedagang Keripik di Bali Dihantam Tabung Gas Elpiji

"Menurut BPS Provinsi Bali, perekonomian Bali pada triwulan IV 2020 kembali melanjutkan tren pemulihan. Sebagaimana tercermin pada pertumbuhan triwulanan sebesar 0,94% (qtq) serta tercermin pada kenaikan nilai produk domestik regional bruto (PDRB)," ujar Trisno Nugroho.

Hal itu atas dasar harga konstan (ADHK) dari Rp 36,39 trilyun di triwulan III menjadi Rp 36,74 trilyun di triwulan IV 2020. Perbaikan ini tidak lepas dari berlanjutnya penerapan tatanan era kehidupan baru dan peningkatan aktivitas sektor pariwisata di akhir tahun 2020 yang ditopang oleh wisatawan nusantara (wisnus).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x