Kenali Diri Kita Sendiri Sebelum Berinvestasi

- 11 Juni 2021, 10:42 WIB
Ilustrasi manusia berinterasksi sosial
Ilustrasi manusia berinterasksi sosial /Unsplash.com/@Katekalvach

INDOBALINEWS -  Ida Bagus Nyoman Pascima, Dosen Universitas Ganesha mengatakan perlunya secara personal individu mengenali diri sendiri sebelum memulai berinvestasi online.

Ia memaparkan bahwa investasi adalah penanaman asset/dana dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa mendatang.

Ada tiga aspek terkait soal investasi yaitu dana, waktu dan tujuan investasi. Ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk memulai berinvestasi. Diantaranya adalah kita perlu mengenali diri kita sendiri.

Baca Juga: Takut Aksi Premanisme? Telpon Hotline 110 Saja, Tersedia Non Stop 24 Jam

 “Lihat diri dan pahami, setiap orang memiliki prfil investasi yang berbeda-beda termasuk perbedaan kemampuan menerima risiko, kemampuan finansial, kemampuan mengelola keuangan, perbedaan tujuan investasi dan jangka waktu investasi,” ujar Pascima dalam sebuah Webinar di Kabupaten Buleleng Bali pada Senin 7 Juni 2021.

Ia juga mengatakan setiap orang yang ingin berinvestasi juga wajib mengenali jenis investasi yang ada dan segala risikonya untuk disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan investasi kita.

“Yang juga penting adalah mengenali legalitas perusahaan penyedia investasi dengan mengecek data legalitas di regulator, cek data SAtgas Waspada Investasi, cek pada website terpercaya yang bereputasi baik dan track record yang baik. Serta cek juga testimoni pengguna lain,” imbuh dalam Webinar yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) bersama Siberkreasi.

Baca Juga: Misteri Perempuan Tewas di Bawah Tebing di Pecatu Masih Diselidiki, Santer Kabar Karena Pinjaman Online

Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x