Keuntungan Paperless Transaction

- 23 September 2021, 20:50 WIB
Ilustrasi Bank Digital.
Ilustrasi Bank Digital. /ARAHKATA/Priyo Pamungkas


INDOBALINEWS - Di era digital ini cara orang melakukan sesuatu berubah. Dulu kalau kita ingin mencari informasi ataupun menonton hiburan atau berita-berita mencarinya di TV tapi sekarang semua bisa didapatkan di YouTube yang ada di handphone kita.

Sebelum digitalisasi, kita kalau mau belanja ke toko pakai bayarnya pakai uang tunai sekarang karena majunya teknologi sekarang sudah ada aplikasi untuk bertransaksi tanpa kertas atau paperless transaction.

Menurut Ika Febriana Habiba, CX Manager dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa 21 September 2021, aplikasi transaksi digital bisa berupa aplikasi perbankan konvensional ada BCA mobile dan BNI, Bank digital ada Genius contohnya, dompet digital ada ovo go-pay link aja dan dana.

Baca Juga: 'Kuda Poni' Selebgram Bali, Pelaku Live Bugil di Medsos Mengaku Tak Terima BO dari Luar

“Perbedaan aplikasi transaksi digital yang pertama itu perbedaannya ada di pembukaan rekening, Bank Digital biasanya full online. Untuk Bank Digital dan Dompet Digital tidak ada setoran awal sementara Bank Konvensional biasanya ada setoran awal,” ujar Ika dalam webinar yang dipandu oleh Jhoni Chandra ini.

Dikatakan juga oleh Ika bahwa transaksi digital di indonesia terus tumbuh dan Bank Indonesia mencatatkan pertumbuhan transaksi digital di Indonesia per Juli 2021 sebanyak 649,8 juta volume transaksi atau naik 56,07% dari sebelumnya.

Baca Juga: Anak Main Korek Api Dekat Bensin, 6 Warung Habis Terbakar 3 Orang Terluka

Fitur transaksi digital bisa berupa e-KYC dengan proses akuisisi nasabah secara digital tanpa memerlukan proses tatap muka, Biometric Login dengan proses verifikasi identitas yang melibatkan pemindahan bagian tubuh yang termasuk pada pemindaian sidik jari quick touch ID wajah dan ID suara.

Ada juga QRIS yaitu Quick Response Code Indonesian Standar adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR code menjadi lebih mudah cepat dan terjaga keamanannya. QRIS ini dapat diakses melalui banyak aplikasi perbankan dan dompet digital.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x