Transaksi Non Tunai Jadi Andalan Alternatif Pembayaran di Era Pandemi

- 28 Juni 2021, 12:39 WIB
Ilustrasi transaksi non tunai, top up kartu tol.
Ilustrasi transaksi non tunai, top up kartu tol. /Shira Ade Indobalinews

INDOBALINEWS - Semakin berkembangnya teknologi, digitalisasi gencar dilakukan. Hal ini juga terjadi pada metode pembayaran fisik yang perlahan beralih ke digital (cashless).

Cashless merupakan metode digital untuk melakukan pembayaran di antara kedua belah pihak tanpa alat tukar secara fisik. Di mana tidak perlu tatap muka atau uang secarafisik, semuanya dilakukan secara digital.

Beberapa jenis transaksi non tunai digital yang dilakukan pada era “new normal” antara lain, yaitu banking card, mobile wallet, bank prepaid card, internet banking, mobile banking, post paid credit (paylater).

Baca Juga: Menparekraf Ingin Indonesia Jadi Pusat Fesyen Muslim Dunia

“Manfaat dan keuntungan dari penggunaan cashless yaitu aman dan efisien, lebih higienis saat pandemic berlangsung, dan yang ketiga hemat karena banyak promo dan diskon dari penyedia jasa layanan cashless,” tutur Grace, saat menjadi pembicara dalam acara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Selasa 22 Juni 2021.

Lanjutnya, penggunaan cashless lebihaman dan efisien karena kita tidak perlu membawa banyak uang. Penggunaan juga lebih efisien terutama bagi pelaku UMKM karena bisa melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun. Selain itu, transaksi cashless dapat meminimalisir kontak langsung karena tidak perlu bertukar uang secara fisik. Adanya cashback dan diskon menguntungkan pengguna karena lebih hemat.

Baca Juga: Tekan Penyebaran Virus Covid 19, Tim Yustisi Denpasar Razia 15 Pelanggar

Di samping keuntungan cashless pun terdapat kerugian atau kekurangan. Basis digital yang dimiliki aplikasi pembayaran ini mengharuskan adanya koneksi internet yang aktif. Meskipun aman, metode ini memiliki risiko kejahatan cyber dan pencurian data apabila ada hacker, terlebih jika tidak menerapkan two factor authentication.

“Grace memaparkan cashless society sebagai efek dari digitalisasi. Di mana kita mencoba menerapkan segala sesuatunya secara online. Namun, dalam mewujudkan cashless society di Indonesia sendiri terdapat beberapa hambatan,” ucap Grace.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x