Delegasi Uni Eropa Tertarik Berinvestasi Perkantoran di Ibu Kota Negara yang Baru

- 28 Oktober 2021, 11:21 WIB
Bupati Pejaman Paser Utara (kiri) dan Duta Besar Uni Eropa kanan.
Bupati Pejaman Paser Utara (kiri) dan Duta Besar Uni Eropa kanan. /antara

INDOBALINEWS - Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia mengaku tertarik berinvestasi dalam pembangunan perkantoran di calon Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

"Kami berencana mempelajari rencana pembangunan perkantorannya," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket di Penajam, Rabu, 27 Oktober 2021.

Meski sudah ada minat berinvestasi, namun Uni Eropa masih menunggu konfirmasi dari pemerintah pusat tentang pengesahan payung hukum mengenai pemindahan IKN berikut pola kerja sama pembangunan perkantoran.

Baca Juga: Mantan Petinggi PKPI Gabung ke PSI Langsung Ditunjuk Jadi Pengurus

''Apabila Undang-undang pemindahan IKN sudah disahkan, tentu kami membutuhkan waktu untuk mempelajari kemudian pihaknya akan mengikuti protokol yang ditetapkan pemerintah terkait kepindahan IKN baru,'' tambahnya.

Vincent yang datang ke Kabupaten PPU dan diterima langsung oleh Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud ini menambahkan, tujuan lain kedatangannya ke Penajam Paser Utara ini adalah untuk menjajaki peluang kerja sama perdagangan, yakni ekspor-impor.

"Kunjungan ini untuk meningkatkan pemahaman perjanjian kerja sama Ekonomi Komprehensif Indonesia - Uni Eropa, termasuk untuk membahas peluang perdagangan dan investasi dengan para pemangku kepentingan," katanya.

Dia mengaku datang ke situ juga untuk menyosialisasikan perundingan perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa (UE), karena banyak peluang kerja sama antara UE-RI, terlebih Kabupaten PPU akan menjadi titik pembangunan IKN baru.

Baca Juga: Realisasi Investasi di Luar Jawa Lebih Kencang

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x