Briket: Tak Hanya Diekspor ke Arab Saudi, Berikut Negara Timur Tengah Lainnya Pengimpor dari Indonesia

- 29 Oktober 2023, 13:10 WIB
Ilustrasi pabrik briket untuk ekspor.
Ilustrasi pabrik briket untuk ekspor. /tangkapan layar/Dok PRMN

INDOBALINEWS - Briket, sumber bahan bakar alternatif yang terbuat dari biomassa mulai mendapatkan perhatian di pasar global. Dalam konteks ini, Indonesia memiliki posisi yang signifikan sebagai salah satu negara produsen briket terbesar di dunia.

Negara yang sering menjadi tujuan ekspor briket adalah Arab Saudi. Hal ini karena kebutuhan arang briket yang masih besar di negara tersebut. Ternyata selain Arab Saudi, banyak negara-negara di Timur Tengah yang juga menjadi tujuan ekspor.

Baca Juga: Liga 1: .Manejemen Persija Jakarta Dikabarkan akan Evaluasi Thomas Doll Usai Lawan PSIS Semarang

1. Dubai
Dubai merupakan salah satu emirat di Uni Emirat Arab. Kota ini terletak di bagian timur laut Semenanjung Arab, di tepi Teluk Persia. Dubai merupakan salah satu kota terkaya di dunia, dengan GDP per kapita yang sangat tinggi. Kota ini dikenal dengan pariwisata, perdagangan, dan industrinya.
Briket yang diimpor Dubai umumnya digunakan untuk kebutuhan shisha. Shisha merupakan salah satu minuman khas Timur Tengah yang terbuat dari tembakau, air, dan buah-buahan. Briket digunakan untuk memanaskan tembakau dalam shisha.

Baca Juga: Sinopsis Film 'The Shawshank Redemption', Film Rating Tertinggi Versi IMDb, Tonton Yuk!

2. Mesir
Mesir merupakan negara yang terletak di Afrika Utara. Negara ini berbatasan dengan Laut Mediterania di utara, Laut Merah di timur, Sudan di selatan, dan Libya di barat. Mesir merupakan negara berpenduduk terbesar di Afrika, dengan populasi lebih dari 100 juta jiwa. Negara ini dikenal dengan sejarah dan budayanya yang kaya.
Briket yang diimpor Mesir umumnya digunakan untuk kebutuhan shisha dan pembuatan roti Arab. Shisha juga merupakan minuman khas Mesir. Roti Arab merupakan makanan pokok di Mesir dan umumnya dipanggang menggunakan briket.

Baca Juga: Kena Mental? Kenali Kesehatan Mental pada Remaja

3. Iraq
Iraq merupakan negara yang terletak di Asia Barat. Negara ini berbatasan dengan Turki di utara, Iran di timur, Suriah di barat, dan Kuwait, Arab Saudi, dan Yordania di selatan. Iraq merupakan negara berpenduduk terbesar ke-30 di dunia, dengan populasi lebih dari 40 juta jiwa. Negara ini dikenal dengan minyak dan gasnya yang melimpah.

Briket yang diimpor Iraq umumnya digunakan untuk kebutuhan memasak dan sebagian untuk shisha. Briket digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan di Iraq.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x