Langkah Kunci Hentikan Agresi Israel ke Palestina, Ini Usulan Indonesia kepada Negara Anggota OKI

- 16 Mei 2021, 21:59 WIB
Unjuk rasa dukung Palestina di AS.
Unjuk rasa dukung Palestina di AS. /Instagram @bellahadid/

INDOBALINEWS – Pemerintah Indonesia tetap konsisten untuk memberikan dukungan kepada Palestina agar menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Menyikapi eskalasi konflik yang kian memanas dalam sepekan ini, Indonesia menyampaikan beberapa langkah kunci yang dapat dilakukan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membantu menghentikan agresi militer Israel terhadap Palestina.

"Di dalam pertemuan OKI tadi saya menyampaikan bahwa untuk kesekian kalinya, OKI harus kembali bertemu untuk membahas isu yang sama, yaitu agresi Israel terhadap Palestina," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Komite Eksekutif OKI (Open-ended Extraordinary Ministerial Meeting of the OIC Executive Committee), Minggu 16 Mei 2021.

Baca Juga: Indonesia Konsisten Bela Hak Rakyat Palestina, PKS Beri Dukungan

Retno menegaskan sejak OKI didirikan, komitmen negara-negara anggota tidak pernah luntur dan terus bertekad untuk mendukung Palestina dalam memperjuangkan hak-hak mereka.

Kata dia terlepas dari tekad kuat tersebut, sampai saat ini dunia masih menyaksikan banyak gangguan terhadap pelaksanaan ibadah di Masjid Al-Aqsa, permukiman ilegal yang semakin merajalela, pembatasan terhadap pergerakan warga di tanah mereka sendiri dan penghilangan hak-hak rakyat Palestina.

"Kita semua tidak boleh lupa bahwa Palestina adalah satu-satunya negara yang masih diduduki oleh kekuatan kolonial di dunia ini. Semua penderitaan Palestina disebabkan oleh Israel sebagai occupying power," katanya.

Retno menegaskan Indonesia mengecam keras terhadap tindakan Israel, terutama ketika melakukan penyerangan saat bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Supermodel Bella Hadid Ikut Berunjuk Rasa: Kebebasan Ada sampai Palestina Bebas

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x