20 Tahun Serangan 11 September 2001: Sisakan Tanda Tanya dan Teori Konspirasi

- 11 September 2021, 19:00 WIB
Menara kembar World Trade Center runtuk akibat serangan teroris pada 11 September 2001. Kini setelah lewat dua dasa warsa tragedi itu masih menyisakan banyak tanda tanya dan memunculkan berbagai teori konspirasi.
Menara kembar World Trade Center runtuk akibat serangan teroris pada 11 September 2001. Kini setelah lewat dua dasa warsa tragedi itu masih menyisakan banyak tanda tanya dan memunculkan berbagai teori konspirasi. /REUTERS

INDOBALINEWS - Hari ini genap 20 tahun peristiwa serangan 11 September 2001 atau lebih dikenal dengan nine eleventh (9/11) attacks yang menewaskan nyaris tiga ribu jiwa.

Keterangan resmi menyebutkan Al Qaeda berada di balik serangan teror yang meruntuhkan menara kembar World Trade Center di New York.

Dua dasa warsa berselang, tragedi itu masih menyisakan banyak pertanyaan, di antaranya adanya beberapa kejanggalan yang memicu berbagai spekulasi, termasuk dugaan konspirasi.

Baca Juga: Trending di Media Sosial, Ini Fakta dan Ragam Ucapan Hari Radio Nasional 2021

Dokumen rahasia hasil investigasi FBI juga masih tertutup rapat, kendati Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah memerintahkan untuk membukanya ke publik.

Berikut beberapa teori konspirasi terkait serangan (9/11) yang mengemuka selama ini, dilansir Indobalinews dari Sputnik pada Sabtu, 11 September 2021.

Keterlibatan Pemerintah AS

Banyak pendukung konspirasi (9/11) percaya bahwa pemerintah AS sebetulnya telah mengetahui informasi rencana teror itu sebelumnya, bahkan turut berkontribusi di dalamnya.

Analisisnya adalah AS membutuhkan dasar alasan perang yang kuat untuk bisa menyerang Iraq dan Afghanistan.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Sputnik News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x