KTT G20 di Bali Bakal Dihadiri 17 Kepala Negara, Tiga Presiden Absen

- 13 November 2022, 19:42 WIB
Petugas melakukan sterilisasi kawasan bandara menjelang kedatangan tamu negara terkait KTT G20 di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022).
Petugas melakukan sterilisasi kawasan bandara menjelang kedatangan tamu negara terkait KTT G20 di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). /GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

INDOBALINEW.COM - Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan 17 kepala negara bakal menghadiri KTT G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022.

Dalam konferens pers menjelang KTT G20, Sabtu 12 November 2022, Luhut menyebut kehadiran para kepala negara tersebut masih terhitung cukup tinggi.

"Tingkat kehadiran para pemimpin lain G20 serta delegasinya masih cukup tinggi dengan 17 kepala negara/pemerintahan akan berpartisipasi dan 3.443 delegasi terlibat,” jelas Luhut.

Baca Juga: Link Live Streaming Roma vs Torino, Pekan ke 15 Serie A

Negara G20 yang telah mengonfirmasi kehadiran pemimpinnya dalam KTT adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Sedangkan tiga kepala negara anggota G20 tidak dapat menghadiri pertemuan puncak kelompok 20 ekonomi terbesar tersebut.

Kata Luhut Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa hadir karena terdapat persoalan di dalam negeri yang perlu diselesaikan.

Brazil memutuskan tidak berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali menyusul pemilu presiden yang baru saja usai.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Indonesia, BUMN Farmasi Bersinergi dengan Silk Road Fund dan INA

Presiden terpilih Brazil Luiz Inacio Lula da Silva akan dilantik secara resmi pada 1 Januari 2023 setelah mengalahkan petahana Jair Bolsonaro dalam pilpres pada akhir Oktober lalu.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x