Perupa Made Kaek Gelar Pameran Tunggal dan Berkarya di Chiang Mai

- 13 November 2022, 16:45 WIB
Seorang pengunjung memotret dengan ponsel karya perupa Made Kaek yang dipamerkan di The Meeting Room Art Gallery, Chiang Mai, Thailand.
Seorang pengunjung memotret dengan ponsel karya perupa Made Kaek yang dipamerkan di The Meeting Room Art Gallery, Chiang Mai, Thailand. /Dok Pribadi Made Kaek

INDOBALINEWS.COM - Perupsa asal Bali Made Kaek menggelar pameran tunggal bertajuk Creatures Emerge di The Meeting Room Art Gallery, Chiang Mai, Thailand, 11-30 November 2022.

Made Kaek yang sejak awal November berada di Chiang Mai itu menyajikan 15 karya di atas kanvas dan rice paper dari seri makhluk-makhluk imajiner yang beberapa tahun ini ia garap dengan berbagai ragam medium.

“Saya diundang pihak galeri untuk pameran, selain itu selama hampir sebulan saya juga melakukan proses kreatif dan beranjangsana ke berbagai komunitas di Chiang Mai yang sangat aktif memproduksi kegiatan seni,” kata Made Kaek dalam rilis yang dikirim, Minggu 13 Noveber 2022.

Baca Juga: Jelang KTT G20 Jokowi Luncurkan Dana Pandemi, 15 Negara dan Tiga Filantropi Kucurkan Rp21,7 Triliun

Kata dia Chiang Mai mirip Ubud, Bali dengan banyak galeri dan komunitas seni yang menjadi salah satu tepat singgah seniman dari berbagai negara. Kesempatan yang baik ini dimanfaatkan pula untuk membangun jaringan yang kelak dihubungkan dengan komunitas yang selama ini ia bangun di Bali.

Tentang insan imajiner yang banyak mewarnai karyanya, Made Kaek mengatakan memang berawal dari makhluk-makhluk yang selalu mengganggu dan hadir dalam benaknya.

Citraan yang begitu aneh itu selalu muncul. Terkadang sendiri, kadang bergerombol. Ada yang bermata satu, dua, tiga, atau lebih. Berkaki dan bertangan dengan jumlah yang berbeda. Mereka seolah memburu. Sebagai musuh atau kawan. Ia berkelebat. Datang secepat kilat, kemudian pergi begitu saja, seolah menghilang ditelan kabut senja.

“Saya pun berupaya menangkap makhluk-makhluk itu dalam perangkap yang lengkap. Tinta, warna, kertas, kanvas, dan segalanya. Pelan-pelan saya pindahkan gambaran sosok yang misterius, figur yang samar bayang, paras yang jauh dari elok, maupun wajah yang kadang-kadang semringah itu di atas berlembar-lembar kertas dan kanvas,” ujar Made Kaek.

Baca Juga: Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023: Pemudik via Laut Diimbau Beli Tiket Penyeberangan secara Online

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x