Jelang KTT G20 di Bali Joe Biden Bertemu Xi Jinping, Ingin Kerja Sama Atasi Permasalahan Global

- 15 November 2022, 05:42 WIB
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Senin 14 November 2022.
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, Senin 14 November 2022. / ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

INDOBALINEWS.COM – Pertemuan bilateral Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping yang banyak diharapkan berbagai pihak telah berlangsung Senin 14 November 2022 menjelang KTT G20 di Bali.

Dalam pertemuan itu kedua negara sepakat saling bertanggung jawab dalam mengelola perbedaan, mencegah kompetisi yang dapat memicu konflik, dan menemukan cara bekerja bersama mengatasi permasalahan global yang membutuhkan kebersamaan yang saling menguntungkan.

“Dan kita akan membicarakan banyak tantangan ini bersama, saya harap, dalam beberapa jam ke depan,” ujar Biden, dikutip dari Antaranews.

Baca Juga: Lima Produk UMKM Binaan PT PNM ‘Go Global’ Melalui KTT G20 di Bali

Joe Biden dan Xi Jinping juga sama-sama ingin meningkatkan hubungan kedua negara melalui saling keterbukaan.

“Saya mengajak Presiden Xi untuk melanjutkan dialog yang telah dan terus berjalan, secara terbuka dan jujur, yang selalu kita lakukan,” kata Biden dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali dikutip dari naskah pidato yang dirilis Gedung Putih.

Menurut Biden, AS siap melakukan kerja sama bersama China. Dia menjelaskan dunia mengharapkan China dan AS sebagai pemeran utama dalam mengatasi permasalahan dunia mulai perubahan iklim, kerawanan pangan, dan kemampuan kerja sama.

Sementara itu, Presiden Xi menyampaikan China siap melakukan pertukaran pandangan secara terbuka bersama AS mengenai isu strategis penting kedua negara hingga masalah regional maupun global.

Baca Juga: Bos Tesla Elon Musk Berbaju Batik Hadir Virtual di B20, Sebut Indonesia Kaya Energi

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x