Lima Produk UMKM Binaan PT PNM ‘Go Global’ Melalui KTT G20 di Bali

- 14 November 2022, 18:53 WIB
Gerai UMKM binaan PT Permodalan Madani Nasional di Nusa Dua, Bali.
Gerai UMKM binaan PT Permodalan Madani Nasional di Nusa Dua, Bali. /Dok. PT PNM

INDOBALINEWS.COM – Lima UMKM binaan PT Permodaan Nasional Madani (PNM) mendapat peluang promosi di ajang KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Kelima UMKM tersebut memamerkan berbagai produk unggulan yang diharapkan mendapat perhatian delegasi internasional selama berlangsungnya KTT G20 dan kegiatan pendukung lainnya (side event).

Lima UMKM itu adalah Sari Timbul (kerajinan kaca tiup), Morikai (teh celup, teh bubuk, dan kopi kelor), Herbali (jus lemonik dan sari mengkudu), Kenanga Bambaw (sedotan dari bambu, sumpit bambu, mangkuk batok kelapa, tempat sabun dari batok kelapa, sendok dari batang kelapa), serta Kain Kombu dari Sumba Timur.

Baca Juga: Bos Tesla Elon Musk Berbaju Batik Hadir Virtual di B20, Sebut Indonesia Kaya Energi

Sekretaris Perusahaan PT PNM L Dodot Patria Ary mengatakan hal ini merupakan bentuk komitmen nyata Menteri BUMN Erick Thohir menggandeng PNM, BNI, Mandiri, Telkom serta lima perusahaan BUMN lainnya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM menembus pasar global melalui side event Future SMEs Village, di Collection Nusa Dua, Bali, Sabtu, 12 November 2022.

“Kegiatan ini tentunya menjadi angin segar bagi UMKM dalam mempromosikan produk unggulannya ke kancah internasional,” kata Dodot Patria.

Kata dia PNM juga turut menghadirkan produk nasabah unggulan yang diproduksi atas dasar recycling serta memanfaatkan kekayaan alam Indonesia.

Keikutsertaan UMKM binaan PNM ini sejak dengan pilar prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni peningkatan produktivitas untuk pemulihan ekonomi, membangun ekonomi dunia yang tangguh pasca pandemi, menjamin pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan, menciptakan lingkungan kondusif dan kemitraan dengan pemangku kepentingan, serta Kepemimpinan kolektif global untuk memperkuat solidaritas.

Baca Juga: Jelang KTT G20 di Bali, Jokowi Adakan Pertemuan Bilateral dengan Presiden AS Joe Biden

Tentang UMKM binaan, L Dodot Patria Ary menyebut PNM memberikan pendampingan dan pembiayaan kepada nasabah pengusaha Sari Timbul yang bergerak di bidang produksi segala jenis kerajinan kaca tiup berupa vas bunga, asbak, gelas kaca yang beralaskan kayu ranting.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x